Dinkes Indragiri Hilir Prioritaskan Pembangunan Pustu

id dinkes indragiri, hilir prioritaskan, pembangunan pustu

Dinkes Indragiri Hilir Prioritaskan Pembangunan Pustu

Tembilahan, (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, pada Tahun Anggaran 2015 memprioritaskan pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) dan dapat mencapai target setiap desa memiliki satu Pustu atau Pos Kesehatan Desa (Poskesdes).

"Untuk mewujudkan target dan harapan tersebut, kami memerlukan dukungan dan kerja sama dari berbagai bidang dan termasuk dalam bidang pembangunan lintas sektor," kata Kepala Diskes Kabupaten Indragiri Hilir, DR Hj Alvi Furwanti, di Tembilahan, Selasa.

Dia mengungkapkan untuk penguatan di bidang pembangunan kesehatan, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Indragiri Hilir yang bertujuan agar pembangunan kesehatan juga termasuk dalam satu petunjuk teknis (Juknis) di salah satu Program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ).

"Namun meski tahun ini semuanya belum dapat terealisasi, kami berharap minimalnya pada tahun 2016 akan ada kebijakan ke arah tersebut, karena hal itu merupakan salah satu upaya untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan masyarakat di setiap desa," ujarnya yang juga sabagai mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Indragiri Hilir.

Dia berharap ke depannya melalui Program DMIJ yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir ini, setiap desa akan dibangunkan rumah bidan yang letaknya ada di setiap desa dan dapat digunakan sebagai multifungsi menjadi Poskesdes, sehingga bidan yang ada di desa tersebut juga memiliki fasilitas pelayanan yang bisa lebih memudahkan, menyenangkan serta memberikan kenyamanan di lingkungan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat umum, dan khususnya yang berada di kawasan Kabupaten Indragiri Hilir," ucapnya. (Advertorial)