Perkuat kesehatan kampung, Bupati Siak resmikan Pustu Sialang Sakti

id pustu sia, berita siak, adv siak, bupati siak

Perkuat kesehatan kampung, Bupati Siak resmikan Pustu Sialang Sakti

Bupati Siak menarik tirai tanda diresmikannya Pustu Sialang Sakti, Dayun.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Bupati SiakAlfedri meresmikangedung baru Pusat Kesehatan Masyarakat Pembantu (Pustu) Kampung Sialang Sakti Kecamatan Dayun setelahmelalui proses pembangunan yang panjang, melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2019 sebesar Rp373 juta lebih.

Bupati Alfedri dalam sambutannya, Rabu, menuturkan pemerintah daerah terus berupaya memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Salah satunya dengan cara menambah fasilitas kesehatan di kampung-kampung.

"Kami berencana akan menyediakan seorang dokter di daerah pelosok, agar masyarakat di daerah terpencil mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik," katanya.

Saat ini lanjutnya sudah ada 15 puskesmas dan 94 Pustu di Kabupaten Siak. Dengan dibangunnya Pustu seperti ini, diharapkan tenaga kesehatan lebih semangat dan inovatif mengajak masyarakat setempat untuk menerapkan pola hidup sehat.

Usai memberikan sambutan, Alfedri didampingi Kadis Kesehatan, Asisten I dan Camat Dayun menandatangani prasasti. Kemudian membuka kain selubung papan nama Pustu dan menggunting pita sebelum masuk ke dalamPustu.

Dalam kesempatan itu orang nomor satu di Siak ini juga menyerahkan dua unit handtractor rotari untuk kelompok tani Sialang Sakti dan kelompok Tani kampung Merangkai. Bantuan tersebut dari Dinas Pertanian Kabupaten Siak.

Penghulu Kampung Sialang Sakti Iswanto menyampaikan rasa suka citanya setelah sekian lama akhirnya kampung yang dipimpinnya memiliki Pustu yang lebih bagus.fasilitas kesehatan yang lama lokasinya tidak di tengah kampung, sehingga sebagian masyarakat sedikit mengeluh dengan lokasi Pustu yang lebih jauh.

"Kami bersyukur dan mengucapkan terimakasih kepada Pak Bupati sudah dibuatkan Pustu yang bagus ini," ucap Iswanto.