Wagub: Riau sudah proporsional beri anggaran kesehatan

id wagub riau edy natar nasution,berita riau terbaru,alokasi dana kesehatan riau 2019,berapa apbd riau 2019,berita riau terkini,berita hari ini,berita ri

Wagub: Riau sudah proporsional beri anggaran kesehatan

Wakil Gubernur Riau saat kunjungan Menteri Kesehatan Nila Moeloek ke Kampar (Antaranews/Vera Lusiana)

Kampar, Riau (ANTARA) - Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution, mengatakan, APBDProvinsi Riausudah secara proporsional berikan anggaran kesehatan, bahkan telah sesuai roadmap integrasi 50 berbanding 50.

"Cakupan Pelayanan Kesehatan Semesta di Riau sudah mencapai 72 persen (4,4 juta jiwa), yang belum sekitar 28 persen (1,7 Juta jiwa)," kata Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution saat acara Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Riau di Kampar Senin.

Baca juga: Pemakaian Vaksin MR Riau Capai 32 Persen

Disebutkan Edy, selain itu Integrasi Jaminan Kesehatan Nasional (KIS)/Kartu Indonesia Sehat (KIS) juga telah dilakukan secara bertahap di Riau.

Dimana integrasi Jamkesda ke JKN/KIS, Penerima Bantuan Iuran (PBI/JKN) telah mencapai 62 persen (1,4 juta jiwa) melalui APBN. Sedangkan PBI daerah yang telah didaftarkan dalam JKN/KIS sebanyak 23 persen (511.040), melalui budget sharing daerah (provinsi dengan kab/kota) dengan proporsi 50: 50.

"Yang belum terintegrasi ke JKN/KIS hanya senyak 15 persen, atau masih menggunakan Jamkesda," tuturnya.

Selanjutnya Wagubri menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Menkes RI atas bantuan sarana prasarana kesehatan melalui Dana Alokasi Khusus baik fisik maupun non fisik.

Baca juga: Jerebu selimuti Dumai, BPBD: 7 titik baru Karhutla seluas 32,5 hektare

Sementara itu, Menteri Kesehatan, Nila Moeloek, mengapresiasi Riau yang telah memberikan anggaran kesehatan secara proporsional.

"Dana dari Pemprov Riau cukup, bahkan ada Dana Alokasi Khusus (DAK) yang digunakan membangun puskesmas," tambah Menteri.

Rakerkesda Provinsi Riau tahun ini mengusung tema, Kolaborasi Provinsi dan kabupaten/kota dalam menuju Cakupan Pelayanan Kesehatan Semesta Guna Mewujudkan Riau Bersatu (Berdaya Saing, Sejahtera, Bermartabat dan Unggul) yang merupakan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur.

Hadir dalam Rakerkesda ini seluruh Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD kabupaten/kota se- Provinsi Riau, serta institusi vertikal, pendidikan kesehatan serta organisasi profesi kesehatan.

Baca juga: Dinkes Dumai bagikan 1.200 masker antisipasi jerebu Karhutla

Baca juga: Pemprov Riau Alokasikan Rp114 Miliar untuk Premi BPJS Kesehatan