Wagubri: Pentingnya komitmen bersama dalam pelayanan kesehatan

id wagub riau, wagubri, edy natar nasution

Wagubri: Pentingnya komitmen bersama dalam pelayanan kesehatan

Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution. (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution mengingatkan pentingnya komitmen bersama dalam pelayanan kesehatan di Provinsi Riau guna menuju kesetaraan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) secara merata pada tahun 2020.

"Untuk itu, perlu adanya koordinasi dan komitmen dari pemerintah Provinsi Riau secara keseluruhan," katanya kepada seluruh bupati dan walikota se Provinsi Riau yang hadir dalam review Rapat Koordinasi dengan Gubernur dalam iuran budget sharing TA 2020 di Pekanbaru, baru-baru ini.

Menurutnya, pelayanan kesehatan masyarakat itu sangat penting, sehingga untuk JKN-KIS yang lebih baik mesti ada komitmen bersama baik dari pemerintah pusat, provinsi dan daerah.

Ia melanjutkan, saat ini masih banyak masyarakat tergolong miskin di Riau yang belum mendapatkan JKN-KIS. Untuk itu, peran pemerintah dalam pemerataan dan pendataan yang konkrit sangat diperlukan.

"Masih banyak masyarakat miskin yang perlu kita bantu terutama di bidang kesehatan ini," tambah Edy Natar.

Terangnya, permasalahan jaminan kesehatan harus betul-betul ditanggapi secara serius sehingga tidak menyebabkan permasalah lainnya yang merugikan berbagai pihak.

"Ini perlu kita kaji lebih detail, jadi harus fokus dan komitmen bersama yang diperlukan," ujarnya.

Baca juga: Si penderita kanker payudara, Krisnaningsih yang tertolong JKN-KIS

Baca juga: Pemerhati: Peserta Mandiri JKN-KIS bakal ramai turun kelas