KPU Dumai Rencanakan Besok Mulai Melipat Kertas Suara

id kpu dumai, pemilu dumai,surat suara

KPU Dumai Rencanakan Besok Mulai Melipat Kertas Suara

arsip foto. Surat Suara Pemilu (Antaranews)

Dumai (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai rencanakan memulai pelipatan kertas suara Pemilihan Legislatif dan Presiden 2019 pada Selasa (12/3) besok dengan 100 pekerja dari masyarakat.

Komisioner KPU Dumai Darwis mengatakan, sebanyak 928.302 lembar surat suara dikemas rapi dalam 1.583 kotak sudah diterima KPU pada Kamis (7/3) lalu menggunakan dua armada truk.

Setiba di Dumai, logistik Pemilu 2019 berupa kertas suara ini langsung disimpan di gudang penyimpanan KPU di Kelurahan Bagan Besar dengan pengawalan ketat petugas kepolisian.

"Pelipatan kertas suara kita rencanakan selama sepuluh hari kedepan, dengan 100 orang pekerja melipat," kata Darwis kepada pers.

Baca juga: Pekanbaru terima 2,6 juta surat suara

Disebutkan, proses pelipatan sekaligus dilakukan pemilahan untuk melihat kondisi kertas suara apakah ada yang robek, rusak atau terkena tinta dan lain sebagainya.

Surat suara yang diterima dan akan dilipat KPU berupa surat suara pemilhan Presiden Wakil Presiden, DPD, DPR RI Dapil Riau 1, DPRD Provinsi Dapil Riau 5 dan DPRD Kota Dumai Dapil 1-4.

Logistik lain yang sudah diterima KPU Dumai ialah sebanyak 4.200 kotak suara berbahan karton dan kondisi saat ini sudah terbentuk dan tersusun rapi di gudang penyimpanan, dan dijaga aparat kepolisian.

Baca juga: Bupati : Jangan ada konflik usai Pemilu 2019

Sementara, untuk TPS, sudah ditetapkan sebanyak 840 TPS tersebar di tujuh kecamatan, atau mengalami pertambahan jumlah dibanding pemilu sebelumnya yakni 515 TPS pada 2018 lalu, dengan daftar pemilih tetap 181.093 jiwa.

Sebelumnya, Anggota Badan Pengawas Pemilu Kota Dumai Agustri menilai kondisi gudang penyimpanan logistik Komisi Pemilihan Umum masih aman dan tidak ada kerusakan pada bangunan.

Namun, meski kondisi gudang aman, KPU diingatkan agar waspadai hujan angin yang dapat mengakibatkan basahnya kotak suara untuk mengantisipasi kerusakan.

"Gudang penyimpanan logistik KPU untuk keperluan pemilut dinyatakan dalam keadaan baik dan tidak ada kerusakan," kata Agustri.

Baca juga: Bawaslu Inhil Tertibkan Belasan Atribut Kampanye Langgar Aturan