Rekap sementara PSU Dumai, PDIP unggul di TPS 17 STDI, Nasdem di TPS 7 Purnama

id KPU Dumai, PSU Dumai

Rekap sementara PSU Dumai, PDIP unggul di TPS 17 STDI, Nasdem di TPS 7 Purnama

Panitia Pemungutan Suara menyelesaikan rekap penghitungan perolehan suara PSU di TPS 17 Jalan Pemuda Kelurahan STDI Dumai, disaksikan Ketua KPU Dumai Zulfan. (ANTARA/

Dumai (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai menyelesaikan pemungutan suara ulang (PSU) di dua tempat pemungutan suara di Kecamatan Dumai Barat, yaitu TPS 17 Kelurahan STDI dan TPS 7 Kelurahan Purnama. PSU digelar berdasarkan putusan MK karena sengketa pemilu legislatif Februari 2024 lalu.

Hasil rekap penghitungan perolehan suara sementara di TPS 017 STDI, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP keluar sebagai peraih suara terbanyak yaitu 87 suara sah, disusul Partai Nasional Demokrat atau Nasdem 84 suara sah dan di posisi ketiga Partai Amanat Nasional (PAN) dengan 33 suara sah.

Kemudian, untuk TPS 7 Jalan Samudera Kelurahan Purnama, Partai Nasdem unggul dengan 89 suara sah, disusul PAN 73 suara dan PDI Perjuangan meraih 71 suara sah.

Partisipasi masyarakat pemilih di TPS 17 Kelurahan STDI sebanyak 213 suara dari 263 DPT dan TPS 7 Purnama sebanyak 241 dari 255 DPT.

Ketua KPU Dumai Zulfan menyatakan secara umum pelaksanaan PSU di 2 TPS telah berjalan lancar dan tertib, baik dimulai sejak Sabtu (29/6) pagi pencoblosan hingga penghitungan perolehan suara oleh Panitia Pemilihan Kecamatan Dumai Barat.

"Partisipasi pemilih menyalurkan hak suara juga meningkat dalam PSU ini atau mencapai 81 persen dari total pemilih tetap 518 jiwa. Kita bersyukur pelaksanaan pencoblosan ulang ini telah berjalan aman dan lancar," kata Zulfan, Sabtu.

Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Riau Nugroho Noto Susanto bersama Kadiv Hukum dan Pengawasan KPU Riau Supriyanto ikut memantau pelaksanaan PSU di Dumai.

Nugroho melihat kesiapan pelaksanaan PSU ini sudah dipersiapkan sebaik mungkin, mulai dari koordinasi para pihak, pengamanan, logistik pemilu, pembentukan panitia hingga teknis pencoblosan di TPS.

"Monitoring kita di dua TPS menggelar PSU ini sudah berjalan tertib lancar sesuai prosedur. Seluruh persiapan dan pelaksanaan semuanya baik dan penghitungan suara juga aman tanpa ada protes," kata Nugroho kepada Antara.

Setelah selesai rekapitulasi ini, selanjutnya seluruh logistik akan dibawa ke Sekretariat PPK di Kantor Kecamatan Dumai Barat untuk dilakukan pleno berjenjang tingkat kecamatan pada Minggu (30/6/24) besok dan tingkat KPU 3 Juli 2024 dijadwalkan di Gedung Daerah Pendopo Sri Bunga Tanjung Dumai.