Relawan PLN Riau-Kepri bawa obat untuk korban tsunami Lampung

id PLN,tsunami,yayasan baitul maal

Relawan PLN Riau-Kepri bawa obat untuk korban tsunami Lampung

Pelepasan tim relawan YBM-PLN unit Riau-Kepri, di Kota Pekanbaru, Jumat (28/12/2018). Tim yang terdiri dari relawan medis tersebut akan membantu warga korban tsunami di Kalianda, Provinsi Lampung. (Antaranews FB Anggoro/18.)

Pekanbaru, (Antaranews) - PT PLN (Persero) bekerjasama dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) mengirimkan tim relawan tenaga medis dan bantuan obat-obatan untuk membantu korban bencana tsunami di Kalianda, Provinsi Lampung.

Pelapasan relawan berlangsung di Kota Pekanbaru, dan dilakukan langsung oleh GM PLN Unit Induk Wilayah Riau-Kepri M. Irwansyah Putra, Jumat (28/12). Saat upacara pelepasan terlihat ada sekitar empat orang tenaga medis yang berada di tim aksi tanggap bencana YBM-PLN tersebut.

"Kondisi di sana masih sangat membutuhkan bantuan petugas medis, sedangkan untuk mengatasi gangguan kelistrikan karena areanya tidak luas, masih bisa ditangani oleh PLN Lampung," kata Irwansyah.

Baca juga: Baca juga: Bantu Ringankan Beban Korban Bencana Gempa Sulteng, PLN Kirim Tim Relawan Listrik Sumatera For Palu

Ia mengatakan tim relawan yang diberangkatkan sudah punya pengalaman di daerah bencana karena pada tahun ini juga telah membantu korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Lombok. Ia mengatakan akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait di lokasi bencana apabila dibutuhkan tambahan jumlah relawan.

Pada saat pelepasan tim YBM-PLN, Irwansyah berpesan agar setiap relawan bekerja bisa bekerja sebaik mungkin, tetap menjaga keselamatan dan tidak mengeluh.

"Kita disana bukan untuk memberatkan yang disana. Jangan mengharapkan jatah makanan apabila kita tak dapat makanan. Terima apa adanya untuk penginapan, dan harus berbaur dengan pengungsi." katanya.

Selain itu, ia juga berharap dengan kondisi Gunung Anak Krakatau yang sudah siaga tiga, semoga tim relawan YBM-PLN diberi keselamatan selama bertugas di daerah bencana.

GM PT PLN Unit Induk Wilayah Riau-Kepri M. Irwansyah Putra memasangkan rompi ke salah satu relawan saat pelepasan tim relawan YBM-PLN unit Riau-Kepri, di Kota Pekanbaru, Jumat (28/12/2018). (Antaranews FB Anggoro/18.)


Manajer Amil YBM-PLN Unit Riau-Kepri, Riki Bagus Santoso, menambahkan bahwa tim relawan yang berangkat dari Pekanbaru akan fokus untuk membantu korban tsunami di daerah Kalianda, Lampung. Tim tersebut juga membawa obat-obatan untuk korban bencana.

"Kita bawa obat-obatan senilai Rp20 juta," katanya.

Sesuai prosedur yang berlaku, satu tim akan berada di daerah bencana minimal 10 hari. Apabila berdasarkan survei kondisi sangat memprihatinkan, maka akan dikirim bantuan personel tambahan.

"Biasanya setelah keberangkatan tim medis, selanjutnya adalah tim 'trauma healing'," ujarnya.

Baca juga: PLN Akan Canangkan Tiga Kabupaten 100 Persen Berlistrik

Baca juga: PLN Pekanbaru Sediakan 31 Stasiun Pengisian Listrik Umum