PLN Pekanbaru Sediakan 31 Stasiun Pengisian Listrik Umum

id pln pekanbaru, sediakan 31, stasiun pengisian, listrik umum

PLN Pekanbaru Sediakan 31 Stasiun Pengisian Listrik Umum

foto FB Anggoro

Pekanbaru,(Antarariau.com) - PT PLN (Persero) menyediakan sebanyak 31 stasiun pengisian listrik umum atau SPLU di Kota Pekanbaru, yang mayoritas digunakan oleh UMKM setempat.

"Ada 31 SPLU yang sudah dibangun sejak 2017 di Pekanbaru, dan memang selama ini paling banyak yang pakai UMKM," kata Humas PLN Cabang Pekanbaru, I Komang Sudarsana di Pekanbaru, Jumat.

SPLU tersebut dibangun di pinggir jalan. Penggunanya bisa mudah menggunakannya seperti halnya listrik prabayar.

Tujuan layanan tersebut adalah untuk membantu masyarakat, khususnya UMKM, untuk mudah mendapatkan listrik untuk berdagang. Tujuan lainnya adalah mengurangi penyalahgunaan listrik tanpa membayar.

"Harapannya ke depan bisa mengurangi penggunaan listrik yang menyantol langsung ke tiang listrik," katanya.

Ia mengatakan jumlah SPLU akan diperbanyak mengingat layanan ini juga bermanfaat untuk mendukung penggunaan kendaraan berbahan bakar terbarukan.

"Ke depan sasaran SPLU akan diperbanyak di tempat umum, juga untuk mendukung penggunaan motor listrik dan sepeda listrik," katanya.

Seorang pedagang jus buah pengguna SPLU, Hamyusdefeni (57), mengatakan bisa lebih menghemat pengeluarannya ketimbang menggunakan listrik genset.

"Kalau dulu pakai genset Rp20 ribu sehari untuk minyaknya, sekarang dengan pulsa listrik Rp20 ribu bisa untuk seminggu," kata Hamyusdefeni yang menggunakan SPLU di Jalan Sultan Syarif Qasim, Pekanbaru.