PLN Akan Canangkan Tiga Kabupaten 100 Persen Berlistrik

id Pln,Desa,Berlistrik

PLN Akan Canangkan Tiga Kabupaten 100 Persen Berlistrik

PLN Akan Canangkan Tiga Kabupaten 100 Persen Berlistrik

Pekanbaru (Antaranews Riau) - PT PLN (Persero) Wilayah Riau-Kepulauan Riau akan mencanangkan tiga kabupaten lagi di Riau yang desanya 100 persen berlistrik menjelang akhir tahun 2018.

"Dalam waktu dekat PLN akan mendeklarasikan selesainya pemasangan 100 persen desa berlistrik di tiga kabupaten di Riau," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Riau-Kepulauan Riau, M Irwansyah Putra di hadapan pelanggannya dalam acara Customer gathering PT PLN (Pesero) unit induk wilayah Riau dan Kepri tahun 2018 di Pekanbaru, Rabu.

Irwansyah Putra menjelaskan kalau hingga tahun lalu hanya Kota Pekanbaru yang desanya 100 persen berlistrik. Maka dengan dideklarasikannya tiga kabupaten lagi maka tahun 2018 ini akan ada empat kabupaten/kota yang desanya 100 persen berlistrik.

Memang diakuinya hal ini masih belum sesuai dengan target awal tahun yang akan menjadikan empat kabupaten yakni Kuantan Singingi, Dumai, Bengkalis dan Rokan Hulu 100 persen desa berlistrik akibat banjir.

"Sehingga hanya tiga yang tahun ini bisa di deklarasikan 100 persen desa berlistrik.

Karena Meski demikian ia berjanji 2019 semua desa di Riau akan 100 persen berlistrik. Hal ini juga yang jadi target PLN agar masyarakat tidak adalagi yang tidak terang. Khususnya bagi mereka yang sudah sejak lama menjadi pelanggan PLN, termasuk perusahaan besar yang jadi pelanggan premium.

Ia menambahkan lewat acara gathering pelanggan ini bisa didapat masukan kekurangan pelayanan selama ini.

"Kami harapkan lewat gathering PLN mendapat masukan untuk memajukan pelayanan. Jangan puji kami, tetapi kritiklah kami karena itu untuk kemajuan dan perubahan," ujarnya.

Ia juga mengharapkan dukungan masyarakat dalam hal perbaikan jaringan, karena diakuinya bahwa penguatan kelistrikan di Pekanbaru masih ada kendala adanya anggapan masyarakat dengan kondisi saat ini jaringan sudah mampu. Padahal seiring perkembangan jaman, dan perluasan wilayah butuh adanya road map kelistrikan.

"Makanya dengan kondisi beban Pekanbaru termasuk sekitarnya ini sangat rentan kalau tidak dibangun," imbuhnya.

"Bahkan kita sudah rencanakan susunan kelistrikan untuk 25 tahun mendatang dan akan dibuat roadmapnya," pungkasnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau, Astra Nugraha menyambut baik program-program PLN selama ini karena secara umum untuk kesejahteraan masyarakat.

Bahkan katanya dua tahun terakhir pemprov mencatat keberhasilan PLN dalam meningkatkan pelayanan dan ketersediaan pasokan listrik di Riau.

"Salah satunya program 100 persen desa berlistrik," ujar Astra.

Namun ia berharap dimasa datang Riau sudah bebas gelap.

"Kami meminta ada beberapa wilayah tertentu yang masih kurang pasokan, dan belum berlistrik bisa terang tahun depan. Sebab peningkatan listrik berarti meningkatkan stimulus ekonomi Riau," tambahnya.