Legislator Riau Optimis Pembangunan Dua Jembatan Layang Selesai Di 2018

id legislator riau, optimis pembangunan, dua jembatan, layang selesai, di 2018

Legislator Riau Optimis Pembangunan Dua Jembatan Layang Selesai Di 2018

Pekanbaru (Antarariau.com) - Komisi IV DPRD Riau membidangi infrastruktur mendukung pembangunan dua jembatan layang atau "fly over" yang berlokasi di persimpangan mall SKA dan Pasar Arengka, Kota Pekanbaru dituntaskan dalam satu tahun anggaran pada 2018 mendatang.

"Tentu optimis, pengerjaan dua fly over akan tuntas sesuai rencana pada 2018, dalam satu tahun anggaran," ujar Anggota Komisi IV DPRD Riau dari Fraksi PKS Markarius Anwar di Pekanbaru, Senin.

Dijelaskan Markarius, memang dalam nomenklatur terdahulu pernah diajukan pembangunan "underpass" atau terowongan di Simpang SKA, namun dirubah menjadi pembangunan fly over dengan pola desain yang lebih sederhana.

"Sehingga harus dirubah kembali nomenklaturnya menjadi pembangunan dua fly over, dan anggarannya pun berkurang tidak sebesar underpass," ujar Markarius.

Sementara, anggota komisi IV Abdul Wahid menyebutkan, anggaran pembangunan dua "fly over" di Kota Pekanbaru dikurangi berdasarkan Detail Engineering Design (DED) yang baru.

Dijelaskan, anggaran untuk pembangunan flyover perempatan SKA yang sebelumnya direncanakan dianggarkan sebanyak Rp299 miliar, dikurangi lagi menjadi Rp160 miliar. Sedangkan untuk pembangunan flyover perempatan Pasar Pagi Arengka dianggarkan sebanyak Rp80 miliar.

Anggaran tersebut bisa dikurangi karena pembangunan flyover tersebut tidak terlalu dibuat mewah, namun juga tidak terlalu sederhana.

Kemudian, untuk flyover perempatan SKA hanya dibangun tiga sisi, bukan empat seperti yang direncanakan awal. Sedangkan untuk flyover perempatan Pasar Pagi Arengka, hanya akan dibangun satu sisi saja.