Dinilai Peduli Dunia Pendidikan, Bupati Inhil Dianugerahi Kawastara Pawitra

id dinilai peduli, dunia pendidikan, bupati inhil, dianugerahi kawastara pawitra

Dinilai Peduli Dunia Pendidikan, Bupati Inhil Dianugerahi Kawastara Pawitra

Tembilahan (Antarariau.com) - Menteri Pendidikan dan Kebudayan (Mendikbud) Dr Muhadjir Effendy MAP berikan penghargaan kepada Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Riau Muhammad Wardan sebagai kategori pejabat peduli terhadap dunia pendidikan.

"Terima kasih atas penghargaan Kawastara Pawitra ini," ucap Bupati Inhil Muhammad Wardan.

Wardan mengatakan penghargaan Kawastara Pawitra merupakan salah satu wujud komitmen Pemerintah Kabupaten inhil dalam menegakkan dan menjalankan regulasi, terutama di bidang pendidikan.

Sehingga, terbangun sinkronisasi kerja antara pusat dan daerah, khususnya dalam membangun peran guru sebagai kepala sekolah.

Ia menjelaskan anugerah penghargaan ini diberikan kepada 114 kepala daerah termasuk Kabupaten Inhil.

Bupati Inhil Muhammad Wardan juga mengungkapkan penghargaan Kawastara Pawitra ini merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan dari Pemerintah pusat kepada kepala Daerah yang dianggap memiliki komitmen yang tinggi dalam membangun dunia pendidikan.

"Terutama dalam Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS) di masing-masing daerah, yang sudah menjadi program Pemerintah di bawah Kemedikbud dan diimplementasikan secara terstandar di seluruh Indonesia, " jelasnya.

Program PPCKS sudah dilaksanakan di 334 Kabupaten Kota dan berdampak sangat baik pada manajemen sekolah.

Tidak hanya itu, lanjut dia, Kabupaten Inhil juga dianggap sebagai salah satu daerah yang konsen dan berhasil dalam memberdayakan kepala sekolah oleh pemerintah pusat.

Ini dikatakannya karena Kabupaten Inhil mampu memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta dana swadaya masyarakat, Bukan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). (Adv)

Oleh: Adriah Akil