Dinilai Peduli Nasib LVRI, Gubri Dianugerahi Bintang Veteran

id dinilai peduli nasib lvri gubri dianugerahi bintang veteran

Dinilai Peduli Nasib LVRI, Gubri Dianugerahi Bintang Veteran

Pekanbaru (Antarariau.com) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dianugerahi bintang veteran sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih Legiun Veteran Republik Indonesia kepada kepala daerah yang dianggap sangat peduli terhadap LVRI.

"Saya pun tidak mengira diberi penghargaan bintang veteran ini, saya sangat senang dan mengucapkan terimakasih. Saya tahu bagaimana kondisi veteran karena saya juga merupakan anak veteran," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman usai Penganugerahan yang disematkan Dewan Pimpinan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia di Kota Pekanbaru, Rabu.

Penganugrahan bintang veteran kepada Gubernur Riau ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Skep-36/MBL/X/07/2016 terkait penetapan penganugerahan tanda kehormatan. Sekretaris Jendral DPP LVRI F. X Soejitno langsung menyerahkan tanda kehormatan itu disaksikan oleh tamu undangan di Satuan kerja Pemerintah Provinsi Riau.

Dengan dinobatkan Andi Rachman Bintang Legiun Veteran, diharapkan dapat mempererat hubungan pemerintah daerah dengan veteran yang ada di Bumi Melayu itu. Apalagi Andi Rachman selama ini dinilai menaruh perhatian besar kepada veteran yang telah berjasa dalam mengisi kemerdekaan RI.

"Mekanisme penyaluran bantuan sudah tertuang di dalam regulasinya. Terkait umroh bagi anggota veteran InsyaAllah kita usahakan," tutur Andi.

Sebagai informasi, LVRI sendiri merupakan organisasi yang menghimpun para veteran Republik Indonesia. Menurut Undang-Undang No. 7 Tahun 1967, negara perlu memberikan penghargaan kepada mereka yang telah menyumbangkan tenaganya secara aktif atas dasar sukarela dalam ikatan kesatuan bersenjata baik resmi maupun kelaskaran dalam memperjuangkan, membela dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Perhatian khusus yang diberikan Andi Rachman telah menghantarkannya menjadi kepala daerah yang sangat peduli terhadap kondisi veteran.

Selain Andi Rachman, penghargaan juga diberikan LVRI kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey pada tanggal 16 November 2016 lalu.

Oleh: Diana Syafni