Dunia pendidikan berperan aktif dalam sukseskan pilkada

id polres Bengkalis,sat lantas polres Bengkalis,kabupaten Bengkalis,pilkada Bengkalis

Dunia pendidikan berperan aktif dalam sukseskan pilkada

Kanit Kamsel Sat Lantas Polres Bengkalis AIPDA Riduan menyampaikan penyuluhan terkait peran dunia pendidikan dalam mensukseskan pilkada. (ANTARA/HO-Polres Bengkalis)

Bengkalis (ANTARA) - Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Bengkalis melakukan penyuluhan di SMAN 4 Mandau, Jumat, dalam rangka meningkatkan kesadaran politik dan keterlibatan Gen Z karena dunia pendidikan dianggap berperan dalam mensukseskan pilkada di Kabupaten Bengkalis.

"Dunia pendidikan juga berperan aktif dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis tahun 2024," ujar Kasat Lantas Polres Bengkalis AKP Mulyana.

Selain itu,Sat Lantas Polres Bengkalis telah melaksanakan kegiatan Operasi Zebra Lancang Kuning 2024 hingga 27 Oktober 2024. Operasi Zebra Lancang Kuning 2024 diselenggarakan untuk mendukung jalannya pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih agar berjalan dengan sukses.

"Operasi Zebra Lancang Kuning 2024 juga dimaksudkan sebagai ajakan bagi masyarakat agar tertib dalam berlalu lintas dan mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. Masyarakat juga diharapkan dapat mencermati dan mengikuti sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan," katanya.

Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari pihak sekolah. Dalam pernyataannya, salah satu guru menegaskan bahwa kontestasi politik harus dalam keadaan kondusif, dimana itu akan menjadi contoh kepada siswa siswi bahwa walaupun berbeda pilihan, tetap bisa menjaga keamanan.

"Kami ingin siswa tidak hanya menjadi pemilih yang cerdas, tetapi juga sadar akan tanggung jawab mereka sebagai warga negara," ujarnya.

Melalui sinergi antara Sat Lantas Polres Bengkalis dan institusi pendidikan, diharapkan Riau dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam menyelenggarakan pemilihan umum yang berkualitas.