Dinsos Dumai Keberatan 2 Warganya Eks Gafatar Diberangkatkan ke Pelalawan

id dinsos dumai, keberatan 2, warganya eks, gafatar diberangkatkan, ke pelalawan

Dinsos Dumai Keberatan 2 Warganya Eks Gafatar Diberangkatkan ke Pelalawan

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepala Dinas Sosial Kota Dumai Chairuddin Adnan mengaku keberatan pada Pemerintah Provinsi Riau karena dua warga eks Gafatar asal Dumai diberangkatkan ke Kabupaten Pelalawan Riau tanpa ada koordinasi.

"Kita sudah sampaikan keberatan karena dua warga tidak dipulangkan ke Dumai tapi justru diberangkatkan ke Pelalawan atas permintaan eks gafatar tersebut," kata Chairuddin Adnan di Dumai, Jumat.

Menurut dia, meski keberangkatan ke Pelalawan atas permintaan dua warga yang merupakan pasangan suami istri tersebut, namun dia berharap tetap ada koordinasi dengan pemerintah daerah.

Dinsos Dumai, lanjut dia, sejauh ini telah berupaya mempersiapkan kepulangan dua warga pengungsi eks Gafatar tersebut ke Dumai dengan berkoordinasi ke pemerintah kecamatan dan kelurahan setempat.

"Secepatnya pasangan suami istri ini kita pulangkan ke Dumai agar berkumpul kembali dengan keluarga di Kelurahan Gurun Panjang, Kecamatan Bukit Kapur," jelasnya.

Sebelumnya dua warga eks Gafatar tersebut menjalani pembinaan spritual dan kebangsaan di Kota Pekanbaru oleh MUI dan TNI Polri setelah dipulangkan dari Jakarta beberapa waktu lalu.

Sementara untuk lima warga pengungsi eks Gafatar lain masih menunggu jadwal kepulangan, namun dua diantaranya minta dipulangkan ke Kabupaten Siak Riau dan Tanjung Priok Jakarta Utara.

Lima warga tersebut sudah didata oleh Dinsos bekerjasama pemerintah kecamatan dan kelurahan terkait keberadaan orangtua dan harta benda, sehingga dipastikan tidak ada kendala untuk dipulangkan.

"Jadwal kepulangan belum dapat informasi, tapi kita sudah minta pemerintah kecamatan dan kelurahan untuk pro aktif menjamin keamanan bagi warga eks Gafatar tersebut di tengah masyarakat," sebutnya.