Dinsos Dumai Distribusikan Raskin Enam Kali Selama 2013

id dinsos dumai, distribusikan raskin, enam kali, selama 2013

Dinsos Dumai Distribusikan Raskin Enam Kali Selama 2013



Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Dumai, Riau, Dermawan menyatakan, penyaluran raskin pada 2013 dilakukan sebanyak enam kali pendistribusian kepada 9.423 kepala keluarga rumah tangga sasaran (RTS).

"Program pendistribusian raskin bagi RTS setempat pada tahun ini masih akan menggunakan data penerima 2013 lalu bekerja sama dengan pihak Perum Bulog setempat," kata Kadis Sosial Dermawan ditemui Antara Rabu.

Ia mengatakan, pelaksanaan penyaluran raskin tahun lalu sudah tuntas, dan untuk pendistribusian tahun 2014 masih menggunakan data jumlah penerima yang lama, yaitu 9.423 kepala keluarga berdasarkan data dari badan pusat statistik.

Program Raskin bagi keluarga kurang mampu diberikan secara gratis kepada masyarakat penerima sebanyak 15 kilogram per bulan untuk selama setahun.

Namun, pemerintah kota tetap menanggung pembiayaan raskin ini, yaitu sebanyak Rp 1.600 perkilogramnya dan dibebankan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) setiap tahunnya dengan total anggaran Rp 2,7 miliar.

"Sejauh ini penyaluran raskin yang dikelola oleh Perum Bulog telah berjalan baik dan lancar, dan kita setiap tahunnya terus bekerja sama dan berkoordinasi agar program raskin ini sukses diterima masyarakat penerima," ujar Dermawan.

Pemkot Dumai, lanjut Dermawan, pada pendistribusian tahun 2013 juga telah menyerahkan raskin ke 13, 14 dan 15 kepada seluruh masyarakat yang berhak menerima sesuai dengan ketentuan.

Untuk pelaksanaan program raskin tahun 2014, pihaknya selain akan mengacu pada data lama, kemungkinan akan melakukan verifikasi masyarakat penerima untuk melihat tingkat penurunan warga miskin yang ada di kota berpenduduk sekitar 290 ribu jiwa ini.