Dinsos Dumai Luncurkan Bantuan Entaskan Kemiskinan

id dinsos dumai, luncurkan bantuan, entaskan kemiskinan

Dinsos Dumai Luncurkan Bantuan Entaskan Kemiskinan

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Sosial Kota Dumai, Provinsi Riau pada 2014 akan meluncurkan sejumlah program pengentasan kemiskinan bagi keluarga dan warga kurang mampu.

Kepala Dinsos Dumai Darmawan di Dumai, Senin, menyatakan pemerintah daerah dan provinsi bekerjasama dalam menyediakan anggaran untuk pelaksanaan program yang meliputi Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kelompok Usaha Bersama (Kube).

"Khusus untuk pengentasan kemiskinan, pemerintah daerah akan meluncurkan program bantuan bagi keluarga harapan dan kelompok usaha bersama," katanya.

Pada PKH, jelasnya, pemerintah berencana akan melibatkan sebanyak 890 keluarga yang nanti menerima pembekalan dan sosialisasi serta bantuan bersyarat berupa uang untuk meningkatkan keluarga cerdas.

Kemudian pada program Kube, pihaknya akan menyalurkan bantuan permodalan usaha kepada sebanyak 20 kelompok yang sudah terdata dengan tujuan untuk meningkatkan "home industri" terutama bagi masyarakat kecil.

"Program Kube akan kita luncurkan bulan depan. Sementara untuk PKH, mulai disalurkan bantuan setelah anggaran daerah selesai diverifikasi dan bisa digunakan," terang kadis sosial tersebut.

Melalui dua program ini, lanjutnya, pemerintah berharap kelompok dan keluarga penerima bantuan bisa mengikuti ketentuan berlaku serta dapat meningkatkan derajat kehidupan yang lebih ideal serta layak.

"Dua program tersebut merupakan kebijakan kementrian sosial dan pemerintah provinsi untuk ikut membantu penganggarannya melalui sharing anggaran dengan pemerintah daerah," jelasnya.

Pada 2013, Dinsos Kota Dumai telah menyalurkan bantuan bersyarat PKH dengan syarat utama keluarga tersebut memiliki ibu hamil, menyusui, anak masih bersekolah dasar serta anggota keluarga yang mengalami cacat.