Dinsos Dumai Salurkan Bantuan 974 Keluarga Harapan

id dinsos dumai salurkan bantuan 974 keluarga harapan

 Dinsos Dumai Salurkan Bantuan 974 Keluarga Harapan

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Sosial Kota Dumai, Riau, gandeng PT Pos Indonesia setempat menyalurkan bantuan Program Keluarga Harapan bagi 974 jiwa ibu hamil dan menyusui.

Kepala Dinas Sosial Dumai Dermawan, Rabu, mengatakan, bantuan PKH ini diperuntukkan guna meningkatkan kualitas kesehatan, pendidikan keluarga kurang mampu.

"Bantuan berupa uang ini merupkan program Kementrian Sosial RI dan perdana dilakukan Dumai untuk keperluan pemeriksaan kesehatan ibu hamil dan menyusui serta balita dan anak sekolah dasar hingga menengah pertama," katanya.

Dia menjelaskan, penerima bantuan ini dipilih berdasarkan mekanisme pemilihan Badan Pusat Statistik (BPS) yang terdaftar sebagai peserta rumah tangga sasaran (RTS) dan bersyarat harus ibu hamil, menyusui dan memiliki anak sekolah di 7 kecamatan yang ada.

Menurut dia, besaran bantuan bagi seorang ibu dimulai dari Rp 600 ribu hingga mencapai Rp 1 juta per keluarga kurang mampu, dan disalurkan setiap triwulan pertahun.

"Mudah-mudahan bantuan ini dapat mengurangi beban keluarga dalam memenuhi kebutuhan gizi kesehatan dan pendidikan anak. Manfaatkan sebaik-baiknya bantuan ini," terang Kadis.

Sementara itu, Kepala PT Pos Indonesia Cabang Dumai Zainuddin mengatakan, pembayaran bantuan PKH ini dilaksanakan secara online dan peserta yang terdaftar dapat mengambil dengan membawa bukti identitas diri seperti KPT, KK maupun SIM.

Setiap pembayaran per triwulan, lanjutnya, PT Pos menyalurkan dana sebesar Rp 677 juta, dengan total setahun mencapai sekitar Rp 2,7 miliar. "Untuk pelaksanaan bayar program ini, kita telah siap dan warga terdaftar bisa mengambil sesuai persyaratan yang ditentukan," ujar Zainuddin.

Pembayaran program bagi keluarga miskin ini dilakukan simbolis oleh Walikota Khairul Anwar kepada sejumlah penerima dalam kegiatan simbolis di halaman kantor PT Pos Indonesia Dumai.