KPUD Gelar Bimtek Pemilihan Bupati dan Wabup Rohil

id kpud gelar, bimtek pemilihan, bupati dan, wabup rohil

KPUD Gelar Bimtek Pemilihan Bupati dan Wabup Rohil

Bagansiapiapi, Rohil (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Rokan Hilir, Riau menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Penetapan Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Rohil 2015, di Hotel Lion Bagansiapiapi, Kamis.

Ketua KPUD Rohil Agus Salim mengatakan, tujuan digelarnya Bimtek ini guna menyamakan persepsi seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Rohil sehingga terjalin komunikasi yang baik.

"Jangan sampai terjadi miskomunikasi, makanya kami undang juga seluruh tim kampanye agar informasi sampaikan ke tim kampanye terkait pemilihan bupati dan wabup, mari sama-sama kita pahami soal PKPU agar berjalan dengan baik seluruh prosesnya," kata Agus Salim.

Untuk kegiatan pembekalan, kata dia nantinya akan disampaikan oleh komisioner KPUD Rohil Hasan dan Kasmer yang telah mengikuti pelatihan bimtek terkait di Bogor, beberapa waktu lalu.

"Waktu pemilihan sudah semakin dekat, makanya sosiaisasi ini kami harapkan bisa dilaksanakan bertingkat artinya setelah dari KPUD kemudian PPK melaksanakan di tingkat kecamatan sehingga masyarakat mendapatkan keterangan yang baik dan benar," katanya.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bentuk kepercayaan KPUD Rohil dalam rangka melakukan sosialisasi kepada masyarakat, dengan tujuan agar masyarakat memahami peraturan tentang pemungutan suara dan lain sebagainya.

Menurut Agus, saat ini untuk pemilihan kepala daerah memang terjadi perubahan bila dibandingkan pada periode sebelumnya, salah satunya menyangkut tidak adanya lagi prosentase perolehan suara bagi pemenang pilkada.

"Kalau dulu yang menang harus diatas 30 persen, tapi sekarang ini siapa saja calon yang mendapatkan suara terbanyak maka itulah yang keluar sebagai pemenang," sebut dia.

Selain itu, tambahnya petugas KPPS harus bersifat melayani terhadap proses pemilihan yang berlangsung nantinya.

"Dalam artian mereka membantu bagi pemilih yang memerlukan bantuan atau keterangan menyangkut pemilihan," tuturnya.

‎‎

Turut hadir pada acara itu Kabag Ops AKP Eka Setiawan Prasetya, ketua Panwaslu Rohil Jaka Abdillah dan anggota, seluruh PPK, perwakilan paslon atau tim pemenangan, pihak Kesbangpolinmas Rohil dan undangan lainnya. (Adv)

Oleh Dedi Dahmudi