KPUD Dumai Gelar Debat Publik 18 Mei

id kpud dumai, gelar debat, publik 18 mei

Dumai, Riau, 1/5 (ANTARA - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Dumai, Riau, menjadwalkan debat penyampaian visi dan misi tiga pasang calon kepala daerah Dumai ke hadapan publik akan digelar pada 18 Mei 2010 mendatang.

Ketua KPUD Dumai, Ahmad Rasyid, kepada ANTARA, Sabtu, di Dumai, mengtatakan, Untuk memastikan keikutsertaan ketiganya, pihak KPUD akan melakukan pertemuan di kantor KPU Riau dua pekan sebelum memulai debat publik tersebut, atau pada 5 Mei mendatang bersamaan dengan kegiatan Deklarasi Damai di Pekanbaru.

Ia menjelaskan, untuk mematangkan rencana debat kandidat ini, diakui bahwa pihaknya belum menyurati masing-masing pasangan calon untuk menanyakan kepastian kesiapan mengikuti debat.

Kendati demikian, menurut Rasyid debat publik kandidat calon Walikota dan Wakil Walikota Dumai akan terlaksana. Seperti yang dikatakannya, acara tersebut, merupakan acara yang sudah diagendakan sejak jauh hari.

Sementara itu, Divisi Sosialisasi KPUD Dumai, Lis Hafrida, di tempat terpisah menambahkan, dilaksanakannya debat visi dan misi tiga pasang kandidat ini untuk mengetahui kemampuan dan melihat sejauh mana mereka mengenal visi misi serta program yang akan diusung dalam pemilukada mendatang secara jelas dihadapan masyarakat umum.

Kendati belum mendapat kepastian kesiapan para kandidat, Lis meyakini akan dapat melaksanakan debat tersebut karena acara itu juga merupakan salah satu tahapan yang harus ditempuh. Hal yang disebutkan Lis itu juga sesuai dengan peraturan dan undang-undang pemilu yang berlaku.