KPUD-Dumai Tunggu Penetapan Proses Pilgub

id kpud-dumai tunggu, penetapan proses pilgub

KPUD-Dumai Tunggu Penetapan Proses Pilgub

Dumai, (antarariau) - KPU Dumai masih menunggu penetapan proses Pilgub Riau yang dilaksanakan pada 2013 menyangkut data pemilih dan logistik untuk keperluan pesta demokrasi itu.

Menurut Anggota KPU Dumai Divisi Sosialisasi Lis Hafrida di Dumai, Jumat, helat pemilihan gubernur merupakan kewenangan KPU Riau, dan pihaknya hanya menjalankan kebijakan pelaksanaan di daerah.

Sejauh ini, KPU Dumai sudah beberapa kali mengikuti rapat koordinasi persiapan bersama KPU Riau membicarakan teknis tahapan pelaksanaan Pilgubri.

"Kita sifatnya hanya menunggu penetapan KPU Riau terkait teknis dan tahapan Pilgubri ini," kata Lis Hafrida.

Lis juga belum mengetahui sistem pemilihan Gubernur Riau ini apakah masih langsung dipilih oleh rakyat atau dikembalikan dipilih oleh anggota wakil rakyat di gedung DPRD.

Namun, terkait jumlah pemilih, penetapan data juga menjadi kewenangan KPU Riau dengan berkoordinasi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemkot setempat.

Sehingga, demikian Lis, pihaknya juga belum memiliki jadwal dan tahapan pelaksanaan Pilgubri.

"Pihak KPU Riau sudah meminta data jumlah penduduk pemilih ke dinas kependudukan Dumai. Untuk jadwal dan tahapan masih menunggu penetapan KPU Riau," lanjutnya.

Terkait teknis pencalonan Gubri, pihak KPU Dumai hanya berwenang bagi calon independen yang berasal dari daerah pemilihan Dumai. Tapi, bagi calon yang diusung partai politik (Parpol) tetap berurusan dengan KPU Riau.

Untuk logistik Pilgubri, kemungkinan yang hanya disiapkan KPU Dumai hanya kotak surat suara, sedangkan kebutuhan lain seperti kertas suara dan alat peraga sosialisasi pemilihan umum.