BLH Bengkalis Ikut Serta Pekan Lingkungan Indonesia

id blh bengkalis, ikut serta, pekan lingkungan indonesia

Bengkalis, (Antarariau.com) - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bengkalis, Riau, akan mengikuti Pekan Lingkungan Indonesia (PLI) ke 18 tahun 2014 di Jakarta Convention Center pada 29 Mei hingga 1 Juni 2014.

Kepala BLH Bengkalis Arman AA didampingi Sekretaris Agusrizal, Senin (26/5) menyebutkan, pada PLI tahun ini, Pemkab Bengkalis akan mengikuti kegiatan pameran secara penuh atau membuka stand sendiri berukuran 6 x 3 meter. Tidak seperti. PLI tahun lalu, yang bergabung dengan stand Pemprop Riau.

Dijelaskan Arman, PLI tahun ini diselenggaraksn bersamaan dengan CSR Indonesia 2014 dan Renewable Eneegy Indonesia 2014, merupakan rangkaian kegiatan terbesar yang menampilkan kinerja dan prestasi pengelolaan lingkungan dari para stakeholder . Disamping juga sosisalisasi berbagai prestasi dan program di bidang tangungjawab sosial dan pembangunan berkelanjutan serta pameran teknologi energi terbarukan Indonesia.

"Kegiatan PLI ini bertema satukan langkah, lindungi ekosistim pesisir dari dari dampak perubahan iklim. Tema ini sangat sesuai dengan kondisi Bengkalis dan sebagai daerah yang berada di kawasan pesisir," ungkap Arman.

PLI ini sendiri akan diikuti oleh utusan Kementrian dan Lembaga, pemerintah daerah, BUMN,.perusahaan swasta nasional dan multinasional, organisasj lingkungan hidup, media massa, LSM dan pergururan tinggi.

"Dari berbagai kegiatan yang digelar di PLI ini seperti pameran,seminar, workshop, green musik, festival, eco driving rally, funbike dan Funwalk dan lainnya, kita hanya mengikuti kegiatan pameran lingkungan," kata Arman.

Adapun materi yang dipamerkan dalam PLI ini terkait konservasi hutan bakau, konservasi tumbuhan nipah dan.suaka ikan terubuk. Seluruh materi tersebut jelas Arman lagi, telah dipersiapkan dengan sebaik-baiknya dengan melibatkan beberapa SKPD terkait seperti Balitbangda

"Selain akan memamerkan energi alternatif bioethanol yang berasal dari tumbuhan nipah, yamg merupakan energy alternatif yang ramah lingkungan dari Balitbangda, juga akan disajikan kondisi riil dari abrasi pantai di pulaj Bengkalis, pengolahan air gambut menjadi air mineral, lingkungan cagam biosvera Giam Siak Kecil dan kegiatan penyelamatan lingkungan dari kerusakan akibat karhutla," ulas Arman.

Karena pameran ini kegiatan perdana yang diikuti Pemkab Bengkalis melalui BLH, tidak ada target prestasi khusus yang ditetapkan. (us)