99 Petani Nelayan Dumai Ikuti PENAS 2014 di Malang

id 99 petani, nelayan dumai, ikuti penas, 2014 di malang

99 Petani Nelayan Dumai Ikuti PENAS 2014 di Malang

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Sebanyak 99 petani dan nelayan Kota Dumai bertolak ke Malang, Jawa Timur, untuk mengikuti Pekan Nasional Petani Nelayan 2014 yang akan dibuka pada Sabtu (7/6).

Para petani dan nelayan peserta Penas 2014 tersebut dilepas oleh Wakil Wali Kota Dumai Agus Widayat di Dumai, Kamis, dengan harapan bisa berbuat banyak dan mengharumkan nama daerah di Provinsi Riau.

"Menuntut ilmu seminggu akan berguna untuk seumur hidup, dan peserta Penas 2014 ini kita harapkan mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya dan pulang menjadi petani nelayan yang unggul," katanya di kantor Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Kota Dumai.

Dia menyebutkan, sektor pertanian dan nelayan terus diupayakan unggul dan menuju modern agar tidak ketertinggalan dengan kemajuan teknologi serta memperoleh hasil produksi yang maksimal.

"Sektor pertanian sejauh ini terbukti mampu mengurangi angka pengangguran dan pengentasan kemiskinan di daerah, karena hasilnya selalu dibutuhkan masyarakat untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari," jelasnya.

Untuk selanjutnya, peserta Penas utusan Kota Dumai mampu menyerap berbagai ilmu pengetahuan agar menjadi tenaga petani handal dan mengaplikasikan dalam kegiatan pertanian sehari-hari.

"Setelah ini, harus ada suatu produk unggulan yang akan diperhitungkan dalam daya saing dengan daerah lain. Pemerintah akan terus mendukung dan men-support kemajuan sektor pertanian dengan pos anggaran," jelasnya.

Kepala Distanbunhut Kota Dumai Suriyanto menjelaskan, petani dan nelayan Dumai peserta Penas 2014 ini merupakan orang pilihan yang akan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan baik seminar, pameran, maupun perlombaan.

"Pertanian kita diarahkan menuju berteknologi tinggi, sehingga pemerintah terus mendorong kepada petani dan nelayan untuk selalu menimba ilmu pengetahuan agar lebih maju dan berproduksi baik," ujarnya.*