Tanoto Foundation Kunjungi SDN 13 dan SMPN I Bangkinang Kota

id Tanoto,Tanoto foundation

Tanoto Foundation Kunjungi SDN 13 dan SMPN I Bangkinang Kota

Tanoto Foundation saat kunjungi SMPN I Bangkinang Kota. (ANTARA/dok)

Bangkinang Kota (ANTARA) - Setelah tiga tahun menjalankan kerja sama dengan 76 sekolah di Kabupaten Kampar, Tanoto Foundation meninjau perkembangan dari program PINTAR yang diterapkan di SDN 13 Kumantan dan SMPN I Bangkinang Kota, Selasa.

Kunjungan perdana dilakukan di SDN 13 Kumantan. Tim dari Tanoto District Coordinator Program PINTAR (Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran) Penggerak Kabupaten Kampar Dede Suhendra, disambut Kepala SDN 13 Suyani dan majelis guru.

Dalam pertemuan itu,Suyani menjelaskan tentang kondisi sekolah yang dipimpinnya, mulai awal berdirinya 1980-an hingga saat ini yang prosesnya penuh dengan perjuangan. Mulai dari tidak ada sumber air hingga saat ini sudah berkembang seperti saat ini.

Kerja sama para orang tua melalui komite dan dengan pemerintah desa turut memberikan motivasi untuk kemajuan sekolah ini. Saat ini beberapa program telah berjalan atas dukungan dari Tanoto Foundation.

"Alhamdulillah sejak 2021 ada perhatian dari Tanoto Foundation membantu perkembangan sekolah ini hingga para pendidik telah memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan pelajaran dan cara mengajar mengikuti perkembangan zaman," ujarnya.

Dia menjelaskan ada beberapa program unggulan yang diterapkan di SDN 13 ini atas kerja sama dengan Tanoto Foundation seperti program KALIBER. Karakter, Literasi dan Bergerak bermakna bagaimana membentuk karakter murid dengan menekankan kepada keimanan dan ketakwaan seperti tadarusan, menerapkan 33 macam shalat, KKG Mini dan parenting serta semesta membaca.

Sementara itu di SMPN I Bangkinang Kota rombongan Tanoto Foundation disambut langsung oleh Kepala Sekolah Masniar dan majelis guru dengan semangat para siswa berbaris menerima kedatangan tim Tanoto ini dan disuguhi atraksi silat dari pesilat siswa SMPN I Bangkinang Kota.

Berbagai sajian prestasi dan potensi siswa ditampilkan disana dipandu Fasda Desi Fitriani, Nurhairiyah mulai atraksi pemain voli bal, basket, tari turun mandi, nyanyi solo, ceramah agama, pidato singkat, percakapan bahasa Inggris dan bahasa jepang antar siswa, mengaji tadarus dan keterampilan pramuka.

Berbagai prestasi siswa ini sudah dibuktikan dengan mengikuti lomba-lomba sampai menjadi sang juara. SMPN I yang sudah terakreditasi A ini tidak terlepas dari peran aktif dan motivasi yang diberikan kepada para guru dan siswa di bawah kepemimpinan Masniar.

"Sangat berterima kasih kepada Tanoto Foundation atas upaya dalam membina sekolah dan memajukan pendidikan di Kampar sudah banyak gebrakan yang dilakukan," aku Masniar.

Dia menjelaskan SMPN I Bangkinang Kota telah memiliki Pustaka Hybrid dari Tanoto Foundation dengan penggunaan aplikasi dan juga bantuan buku-buku terbaru. Para guru telah memberikan pembinaan pelatihan bagi kepala sekolah dan para guru.

"Banyak yang kita peroleh dari kerja sama dengan Tanoto Foundation ini seperti penerapan kurikulum Merdeka Belajar, karena mereka lebih dulu memiliki ilmunya, mengubah bagaimana cara mengajar dengan memberikan materi belajar agar dapat mudah menyerap dan memahami," kata dia.

Dede Suhendra menyampaikan bahwa Tanoto Foundation melakukan kerja sama dalam bidang non fisik yakni peningkatan Sumber Daya Manusia yang ditujukan kepada para pendidik sebagaimana program kementerian pendidikan yang dikemas dalam bentuk Program PINTAR Penggerak. Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran diterapkan di sekolah pilihan pada empat kecamatan di Kabupaten Kampar yakni Kecamatan Bangkinang Kota, Kampar, Tapung dan Bangkinang.

Bentuk kerja sama yang diberikan adalah pelatihan, ilmu pengetahuan di bidang pendidikan mengundang sekolah diberi ilmu kepada para kepala sekolah dan guru. Sudah ada dua modul pelatihan, kepala sekolah dan guru. Pada 2022 kerja sama dilakukan dengan melibatkan orangtua untuk peningkatan kualitas anak didik.