Diduga ada kelalalain, polisi akan periksa awak Evelyn Calista

id Kecelakaan kapal Evelyn,Evelyn calista, kapal terbalik

Diduga ada kelalalain, polisi akan periksa awak Evelyn Calista

Kapolda Riau saat akan bertolak menuju Inhil, Jumat pagi, guna meninjau langsung lokasi kecelakaan kapal Evelyn Calista 01. (ANTARA/Ho-Polda Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal memastikan pihaknya akan mendalami penyebab kecelakaan kapal pengangkut penumpang SB Evevlyn Calisca 01 dengan tujuan Tanjung Pinang.

Hal itu dikatakan Iqbal sebelum bertolak ke Indragiri Hilir, Jumat pagi. Apabila terdapat dugaan perbuatan melawan hukum dalam tragedi ini, dipastikannya penyelidikan akan segera dilakukan.

"Prinsipnya jika insiden ini diakibatkan oleh perbuatan melawan hukum, seperti kelebihan muatan (overload) dan sebagainya, kita akan melakukan penyelidikan dan ditindak tegas," sebut Iqbal kepada awak media.

Lanjutnya, hingga kini aparat kepolisian masih melakukan pendalaman dan pemeriksaan terkait insiden ini.



“Jika ditemukan perbuatan melawan hukum, akan kami sikat dan kami periksa awak-awak kapalnya,” pungkasnya.

Kapolda Riau bersama Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawanakan memeriksa kondisi di lapangan terkait kecelakaan kapal itu.

"Bersama Pak Danrem, saya ingin memastikan bahwa penanganan oleh Polri, TNI dan stake holder lain maksimal. Memberikan bantuan, medis, serta mengevakuasi yang masih tersisa. Perkembangan satu yang belum ketemu. Kita juga ingin memotivasi personel," katanya.

Sebelumnya diketahui speedboat (kapal cepat) Evelyn Calisca 01 mengalami kecelakaan pada Kamis (27/4) sekitar pukul 13.40 di perairan Air Tawar perbatasan antara Kecamatan Kateman dan Pulau Burung.

Speedboat tersebut bertolak dari Pelabuhan Pelindo Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, menuju Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau.