Bupati Inhu buka Musrenbang RKPD 2024 di Rengat Barat

id Rentat,Inhu

Bupati Inhu buka Musrenbang RKPD 2024 di Rengat Barat

Bupati Rezita Sampaikan Pesan Pada Musrenbang 2024 (ANTARA/ASRI)

"Peningkatan infrastruktur menjadi perioritas utama di 2024"
Rengat (ANTARA) - Bupati Indragiri HuluRezita Meylani Yopi membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang menjadi rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) 2024.

Musrenbang tersebut digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu di seluruh kecamatan dan untuk Rengat Barat dilaksanakan di Aula Kantor Camat, Senin pagi.

Pada kesempatan itu, Bupati Rezita menyebutkan, prioritas pembangunan pada 2024 adalah meningkatkan pembangunan infrastruktur semua bidang.

"Oleh karena itu, Musrenbang mengangkat tema infrastruktur untuk mendukung pengembangan sumber daya alam guna memantapkan pemulihan ekonomi," katanya di Rengat.

Misalnya, optimalisasi pembangunan jalan, jembatan, sarana dan prasarana sanitasi, air minum bersih, irigasi serta penanganan abrasi.

Selain itu, pengembangan dan pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) yang berbasis pada kearifan lokal dan pemeliharaan keragaman hayati secara berkelanjutan serta mitigasi bencana dan pengelolaan sampah.

"Sedangkan pemulihan ekonomi difokuskan pada pengembangan pertanian, UMKM dan Pariwisata," ujarnya.

Jadi, usulan dari Kecamatan Rengat Barat diharapkan benar - benar menyentuh kebutuhan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Camat Rengat Barat, Lisnar Manaf menyebutkan, sudah ada 136 usulan dari masyarakat untuk program 2024.

"Semua usulan masuk dalam sembilan skala prioritas utama sesuai kebutuhan," ujarnya.

Seperti, rehabilitasi berat gedung kantor camat, rumah dinas dan aula, pembangunan drainase jalan Puskesmas Pekan Heran dan pembangunan turap ruas jalan Tanah Datar - Sibabat.

Kemudian, pembangunan jembatan Desa Tanah Datar, rehab jalan konstruksi aspal dari Kota Lama menuju Danau Menduyan dan pembuatan pagar lapangan bola Pematang Reba dan jogging track.

Selanjutnya pembangunan box culvert di RT/RW 04/06 Kelurahan Pematang Reba, pembangunan street food/wisata kuliner Karang Taruna di kawasan Batu Canai Pematang Reba dan pembuatan percontohan sistmm pertanian terpadu.