Berhadiah puluhan juta, PUPR dan PWI Meranti buat lomba tulisan dan unggahan di medsos

id Lomba LKTJ Meranti 2022,PWI Meranti ,PUPR Meranti ,Lomba postingan medsos Meranti

Berhadiah puluhan juta, PUPR dan PWI Meranti buat lomba tulisan dan unggahan di medsos

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kepulauan Meranti, Fajar Triasmoko. (ANTARA/HO-Dinas PUPR Meranti)

Selatpanjang (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kepulauan Meranti bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), kembali membuat lomba karya tulis jurnalistik (LKTJ) dan lomba unggahan atau status terbaik di Facebook.

Khusus LKTJ, terbuka untuk seluruh wartawan media cetak maupun online yang tersebar di seluruh Indonesia. Sementara untuk lomba unggahan di medsos dipersembahkan bagi masyarakat umum.

Ketua Panitia Ali Imran mengatakan untuk lomba tulis, kali ini mereka mengangkat tema pembangunan infrastruktur dalam menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat. Tema ini sejalan dengan visi misi kepala daerah menuju Kabupaten Kepulauan Meranti maju, cerdas dan bermartabat.

Dengan demikian, objek reportase setiap bahan lomba yang wajib diikutsertakan, berkaitan dengan perkembangan, hingga manfaat pembangunan di Kepulauan Meranti secara khusus.

"Lomba yang digagas oleh PUPR bersama PWI Kepulauan Meranti kali ini sedikit berbeda dari sebelumnya yang hanya terbuka untuk wartawan lokal. Namun kesempatan kali ini bisa diikuti oleh seluruh wartawan di seluruh nusantara. Hanya saja harus sejalan dengan tema," kata Ali, Rabu.

Kegiatan ini dilaksanakan, sambung Ali, merupakan bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun Kabupaten Kepulauan Meranti yang jatuh pada 19 Desember 2022. Panitia telah menyiapkan hadiah uang tunai puluhan juta rupiah plus sertifikat dan tropi untuk yang berhasil meraih juara satu hingga harapan tiga.

Masing-masing nilai hadiahnya untuk juara I sebesar Rp7,5 juta, juara II Rp Rp5,5 juta, juara III Rp3,5 juta. Kemudian harapan I Rp2 juta, harapan II Rp1,5 juta dan harapan III Rp1 juta.

Untuk syarat wajib lomba bagi calon peserta sudah diumumkan beberapa hari sebelum ini. Selain itu, bisa dipantau langsung melalui media sosial Facebook Bina Marga Kepulauan Meranti dan PUPR Kepulauan Meranti. Meranti.

"Salah satu syarat utama wajib karya sendiri dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba manapun. Kemudian dipublikasikan di media masing-masing dengan periode pembangunandari 1 Januari 2021 hingga 15 Desember 2022, yang dilengkapi bukti pemuatan dalam bentuk hardcopy ataupun softcopy," jelas Ali.

Lebih lanjut diterangkan Ali, karya tulis sudah bisa dimuat di media masing-masing dan diserahkan kepada panitia beserta biodata pengirim. Mulai dari nama, media tempat bekerja, salinan identitas diri yang sah berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Pers paling lambat 15 Desember 2022.

"Peserta bebas memilih judul karya tulis yang mendukung tema utama dengan minimal jumlah karakter 5000 kata. Panitia tidak memungut biaya alias gratis," sebutnya.

Sedangkan untuk lomba postingan Facebook terbaik juga sama, bisa diikuti oleh seluruh warga dengan total hadiah jutaan rupiah. Nilai hadiahnya masing-masing yakni, juara I Rp1,5 juta, juara II Rp1 juta, juara III Rp700 ribu dan juara I Rp500 ribu.

Secara rinci, peserta dapat membaca syarat lomba yang sudah diunggah dj Facebook milik Bina Marga Kepulauan Meranti dan PUPR Kepulauan Meranti. Peserta juga dapat menghubungi langsung panitia melalui panggilan atau pesan elektronik berkaitan syarat lomba melalui Rian Hidayat di nomor 085266566980 dan Fadil di nomor 082286640708.

Terpisah, Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kepulauan Meranti Fajar Triasmoko turut mengajak kepada seluruh wartawan dan warga untuk dapat ikut berpartisipasi dalam lomba yang dimaksud.

Menurutnya lomba ini bukan semata tentang kompetisi, tetapi sebagai sarana bagi wartawan dan warga dalam meningkatkan kemampuan literasi. Sekaligus dapat mengarahkan peran untuk membantu pemerintah menyukseskan tujuh program strategis Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti.

"Karya tulis kawan-kawan bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Pemkab Kepulauan Meranti dalam membuat kebijakan yang patut dijadikan skala prioritas. Juga sebagai informasi bagi masyarakat secara khusus" jelas Fajar.

Selain lomba tulis dan postingan Facebook, pihaknya juga membuat lomba lainnya seperti lomba Jingle yang bekerjasama dengan Project Besame, lomba foto bersama Komunitas Fotografi Meranti (KFM), dan festival film pendek menggandeng penggiat Film Meranti.

"Saya berharap kegiatan positif tersebut didukung penuh oleh semua pihak dan lancar pasca pengumuman yang direncanakan akan berlangsung pada Malam Gebyar PUPR Kepulauan Meranti, 24 Desember 2022 mendatang," tutupnya.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2022