Tarik minat jadi jurnalis profesional, PWI Meranti beri pelatihan ke pelajar SMA

id PWI Meranti ,SMA Negeri 2 Tebingtinggi ,PWI Meranti goes to School

Tarik minat jadi jurnalis profesional, PWI Meranti beri pelatihan ke pelajar SMA

PWI Kepulauan Meranti saat memberikan pelatihan jurnalistik kepada pelajar SMA Negeri 2 Tebingtinggi, Senin (27/5/2024). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar kegiatan PWI Goes To School dengan memberikan pelatihan jurnalistik ke para pelajar sekolah menengah atas (SMA).

Jika beberapa waktu lalu dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tebingtinggi Barat, kali ini PWI mengunjungi SMA Negeri 2 Tebingtinggi di Selatpanjang.

Ketua PWI Kepulauan Meranti, Safrizal melalui Koordinator Seksi Bidang Pendidikan, Masnur menyebutkan, pelatihan jurnalistik yang dikemas dalam program PWI Goes To School ini bertujuan untuk memberikan pemahaman soal kegiatan jurnalistik di lingkungan sekolah, khususnya kepada pelajar.

Dari pelatihan ini, nantinya para pelajar bisa mendapatkan pengetahuan dan wawasan dasar dari sejak dini jika masa depannya ingin bercita-cita menjadi wartawan atau jurnalis yang profesional.

"Ini juga sebagai upaya kaderisasi, sehingga adik-adik siswa dan siswi yang bercita-cita ingin menjadi penulis atau jurnalis sejak dini telah mendapatkan pengetahuan seputar jurnalistik," ujar Masnur.

Untuk itu, dia berharap siswa-siswi yang dilibatkan sebagai peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Terutama di saat penyampaian materi oleh narasumber.

"Jika ada yang kurang paham atas apa yang disampaikan, jangan sungkan untuk bertanya. Dengan demikian, semakin banyak pula ilmu yang didapat," pesan Masnur.

Narasumber PWI Goes to School, Syamsidir memaparkan bahwa pengetahuan tentang jurnalistik tidak semata-mata mengacu pada penulisan berita saja. Menurutnya, diperlukan juga pemahaman tentang kode etik jurnalistik, UU No 40 tentang Pers dan lainnya terkait jurnalistik.

"Secara garis besar perlu pemahaman kode etik dan peraturan tentang pers, sehingga berita yang dihasilkan dapat menjadi berita yang layak untuk diterbitkan," beber Syamsidir.

Penasehat PWI Kepulauan itu juga menyampaikan tentang teknik penulisan berita, baik itu straight news maupun feature. Dari penjelasannya itu, ia mengaku senang dengan antusiasme para pelajar dalam mengikuti kegiatan tersebut.

"Kami senang dengan keaktifan siswa dan siswi bertanya seputar dunia jurnalistik. Ini menunjukkan bahwa besar rasa ingin tau siswa terhadap dunia jurnalistik. Dan itulah tujuan kami," ungkap pria yang akrab disapa Atan ini.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMAN 2 Tebingtinggi, Haryuniati melalui Wakil Kepala Sekolah, Sumaryatno menyambut baik kedatangan PWI dengan program Goes To School tersebut.

Menurutnya, program PWI yang digadang-gadang sebagai program unggulan tentu dapat menambah minat baca serta pemahaman siswa terhadap dunia jurnalistik.

"Saya berharap siswa dan siswi yang hadir mendapat wawasan dan pengetahuan terhadap pelatihan jurnalistik, sehingga mereka bisa tau bagaimana cara menyajikan berita yang layak diterbitkan dan mengedukasi masyarakat," kata Yatno.

Di akhir sesi, salah seorang siswi kelas X, Juwiras Utari memberikan respon positif terhadap kegiatan Goes To School tersebut. Katanya, program ini sangat bagus karena mampu memupuk minat pelajar agar semakin tertarik dalam membaca berita.

"Harapan kami, ke depannya kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan dapat tersalurkan ke seluruh sekolah SMA/SMK yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti," ungkap siswi itu.