3.926 Siswa di Inhu Terima Bantuan BSM

id 3926 siswa, di inhu, terima bantuan bsm

3.926 Siswa di Inhu Terima Bantuan BSM

Rengat, 28/11 (antarariau.com) - Sebanyak 3.926 siswa di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau menerima dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) melalui dana APBN tahun 2013.

"Penerima bantuan itu terdiri dari siswa tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 1.111 orang, Madrasah Tsanawiyah (MTS) sebanyak 1.930 dan Madrasah Aliyah (MA) sebanyak 885 orang,kata Kakankemenag Kabupaten Indragiri Hulu H Abdul Kadir di Rengat, Kamis.

Ia mengatakan, hingga akhir bulan ini pembayaran beasiswa miskin (BSM) tahap dua akan tuntas. Sementara penyaluran BSM yang bersumber dari APBNP masih dalam tahap penyusunan. Pembayaran secara serentak ini harus tuntas tepat waktu sehingga laporannya dapat segera dibuat.

Untuk masing-masing tingkatkan yakni MI per murid menerima sebesar Rp360.000, MTs sebesar Rp550.000 dan MA Rp1.000.000 per tahun. Pembayaran BSM itu disalurkan dalam dua tahap sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh pusat.

"Dana tersebut akan ditansper langsung ke nomor rekening murid," sebutnya.

Artinya, BSM tersebut akan ditransper langsung ke nomor rekening murid sesuai dengan tingkatannya. Karena beberapa waktu lalu, sudah dilakukan MOu dengan pihak Bank Riau Kepri. Terkait BSM yang dianggarkan melalui APBN-P 2013, masih dalam tahap proses. Sebab, jumlah penerima BSM tidak sama dengan jumlah BSM yang dianggarkan pada APBN murni.

"Bahkan jumlah penerima BSM pada APBN-P, bisa saja berkurang atau berlebih dari jumlah yang dianggarkan pada APBN murni," jelasnya.

Untuk itu harapnya, kepada murid maupun orang tua hendaknya tidak perlu khawatir. Karena BSM sudah diprogramkan oleh Pemerintah Pusat dan saat ini tinggal pembayarannya. Bantuan untuk siswa miskin ini sebaiknya dapat benar- benar dimanfaatkan oleh siswa sedemikian rupa agar tujuan pemebrian ini tepat sasaran.

Sementara itu, Windi salah satu siswa di minta keterangannya mengatakan, pemeberian bantuan siswa ini sangat baik, karena masih banyak siswa yang kurang mampu untuk bersekolah tetapi dana tidak ada. Dengan adanya bantuan ini tentu sangat menolong orang tua siswa.

"Namun sebaiknya penerima bantuan ini benar- benar selektif, teman saya masih banyak yang benar- benar membutuhkannya," ucapnya.