Seorang ibu rumah tangga di Pekanbaru bawa kabur belasan motor

id Penggelapan sepeda motor di Pekanbaru,Curanmor, curanmor pekanbaru

Seorang ibu rumah tangga di Pekanbaru bawa kabur belasan motor

RY saat diperiksa personel Polsek Bukit Raya. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pelaku ini cukup lihai, dia telah menjadi target kami cukup lama,
Pekanbaru (ANTARA) - RY, seorang ibu rumah tangga dengan empat anak diringkus Polsek Bukit Raya di Jalan Garuda, Kecamatan Marpoyan Damai, Senin (8/8) sore setelah mencuri dan menggelapkan belasan sepeda motor.

Kepala Unit Reskrim Polsek Bukit Raya Iptu Dodi Vivino di Pekanbaru, Selasa, menjelaskan RY telah dalam pencarian cukup lama. Polisi juga telah menerima empat laporan serupa yang melibatkan dirinya.

"Pelaku ini cukup lihai, dia telah menjadi target kami cukup lama. Sudah ada beberapa yang melaporkan kejadian penggelapan tersebut," ucap Dodi kepada awak media.

Modus RY dalam menjalankan aksinya yaitu dengan berpura-pura meminjam sepeda motor kepada kenalannya untuk pergi ke warung. Namun kendaraan roda dua tersebut tak kunjung dikembalikan ke tangan korban.

Baca juga: Baru melamar kerja, pria ini langsung gelapkan motor warga Selatpanjang

"Korbannya ada yang sudah kenal lama, dan ada juga baru. Pelaku langsung sok akrab saja dan meminjam motor, namun tak dikembalikan. Ada pula yang langsung dilarikannya. Akhirnya korban membuat laporan," lanjutnya.

Berdasarkan hasil interogasi RY telah melancarkan aksinya sebanyak 11 kali di berbagai lokasi di Pekanbaru. Sepeda motor tersebut kemudian digadaikan ke temannya seharga Rp2 juta.

"RY mengakui uang hasil kejahatan digunakannya kebutuhan sehari-hari dan membayar hutang di koperasi," pungkas Dodi.

Kini RY harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dan dijerat pasal 372 KUHP, dengan ancaman hukuman paling lama empat tahun lamanya.

Baca juga: Sempat kabur, pencuri motor ini dihajar warga

Baca juga: Telah beraksi di enam tempat, spesialis Curanmor di Pekanbaru diringkus polisi