Jamaah calon haji Indonesia di Madinah mulai ke Mekkah pada 12 Juni 2022

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Jemaah haji

Jamaah calon haji Indonesia di Madinah mulai ke Mekkah pada 12 Juni 2022

Jemaah calon haji menyeka air mata di dalam bus saat diberangkatkan dari Alun-alun Cilegon, Banten, Selasa (7/6/2022). Sebanyak 389 orang jemaah calon haji asal Cilegon yang tergabung dalam Kloter 8 dilepas para kerabat dan anggota keluarga saat diberangkatkan menuju Asrama Haji Pondok Gede untuk diterbangkan ke Tanah Suci. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/foc.)

Jakarta (ANTARA) - Jamaah calon haji Indonesia yang sudah berada di Madinah, Arab Saudi, rencananya mulai didorong ke Mekkah pada Minggu 12 Juni 2022.

"Jamaah akan didorong ke Makkah tanggal 12 Juni 2022," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Amin Handoyo di Madinah, Rabu seperti dikutip dari Media Center Haji.

Hingga hari kelima operasional haji 1433H/2022M, sebanyak 11.089 jamaah calon haji asal Indonesia telah tiba di Madinah, Arab Saudi. Kedatangan jamaah calon haji ini berdasarkan data Siskohat per 8 Juni 2022 pukul 10.17 Waktu Arab Saudi (WAS).

Jamaah yang berada di Madinah kurang lebih selama sembilan hari melakukan ibadah Arbain atau shalat wajib berjamaah selama 40 waktu dan ziarah.

Setelah itu mereka akan ke Mekkah untuk melaksanakan ibadah umrah wajib dan haji.

Amin mengatakan kepastian keberangkatan jamaah calon haji dari Madinah ke Mekkah akan terus dikoordinasikan.

Hari ini akan kembali diberangkatkan ke Kota Nabi, 1.949 jamaah yang terbagi lima kloter dari 4 embarkasi, yaitu dua kloter dari Embarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG), dan masing-masing satu kloter dari embarkasi Jakarta – Bekasi (JKS), Padang (PDG), dan Solo (SOC).

Baca juga: Dua calon haji Embarkasi Solo tertunda berangkat karena sekit

Baca juga: Asrama Haji Riau sudah steril