Asrama Haji Riau sudah steril

id Pemrov Riau

Asrama Haji Riau sudah steril

Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau sudah disterilkan dan siap menampung JCH Riau menjelang keberangkatan ke Arab Saudi.(Foto:Antara/HO-Humas Kemenag Riau)

Kota Pekanbaru (ANTARA) - Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Riau Masrul Kasmy menyatakan Asrama Haji Riau di Jalan Mekar Sari Pekanbaru sudah disterilkan petugas sehingga gedung lima lantai ini siap menampung Calon Jamaah Haji (Riau menjelang keberangkatan keArab Saudi.

"Seluruh ruang asrama haji yang dikenal dengan Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau ini sudah disterilkan dan sudah disemprot disinfektan.

Di dalam kamar seluruh fasilitas sudah disiapkan, lemari, tempat tidur dan pendingin ruangan sudah terpasang rapi," kata Masrul Kasmy di Pekanbaru, Senin.

Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau sebelumnya sebagai tempat isolasi mandiri pasien COVID-19, namun saat ini sudah tidak ada lagi pasien COVID-19 yang dirawat di EHA Riau tersebut.

Masrul Kasmy mengatakan seluruh fasilitas pendukung di EHA sudah dilengkapi dan sudah siap untuk di tempati oleh JCH Riau sebelum diterbangkan ke Arab Saudi melalui Bandara Hang Nadim Batam.

"Sudah siap semua, fasilitas pendukung sudah kita siapkan, karena tahun 2019. JCH Riau sudah menggunakan asrama haji itu untuk keberangkatan. Sehari sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Bandara Hang Nadim Batam, seluruh JCH Riau wajib masuk asrama. Sebab mereka akan melakukan sejumlah pemeriksaan, berkas dan pemeriksaan kesehatan," katanya.

Di EHA itu JCH akan diperiksa kelengkapannya, dokumen, pemakaian gelang, pemeriksaan kesehatan termasuk proses keimigrasian. Setelah semua lengkap, keesokan harinya, JCH Riau baru diberangkatkan dari Asrama Haji Riau menuju ke Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru menggunakan bus dan selanjutnya diterbangkan ke Batam.

"Setelah sampai di Bandara Hang Nadim Batam, mereka tidak menginap lagi, tidak ada pemeriksaan lagi, hanya singgah sebentar, transit saja dan langsung diterbangkan ke Arab Saudi," katanya.

‎Berdasar jadwal kloter pertama JCH Riau atau kloter 4 Embarkasi Batam (BTH) akan berangkat ke tanah suci pada 18 Juni 2022, pukul 12.45 WIB dari Bandara Hang Nadim Batam ke Madinah. Pemberangkatan JCH Riau terbagi dalam 7 kloter, dengan rincian 5 kloter penuh dan 2 kloter gabungan.