Jalankan PEN, BRI Dumai klaim paling banyak salurkan bansos

id BRI Dumai,bri,dumai

Jalankan PEN, BRI Dumai klaim paling banyak salurkan bansos

Pimpinan BRI Cabang Dumai M Alfie Syahrin. (ANTARA/dok)

Dumai (ANTARA) - Bank Rakyat Indonesia Cabang Dumai klaim konsisten menjalankan pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi COVID-19 dengan sejumlah program mendukung ekonomi kerakyatan dan penyaluran bantuan sosial mendekati 100 persen.

Pimpinan BRI Cabang Dumai M Alfie Syahrin mengatakan, sebagai bank negara atau himpunan bank negara (Himbara), BRI ditugaskan ikut membantu percepatan pemulihan ekonomi, dan berbagai program perbankan mendukung perekonomian sudah dijalankan.

"BRI Dumai ditunjuk paling banyak menyalurkan bansos selama pandemi ini, salah satu program keluarga harapan, bantuan pangan non tunai, bantuan sembako masa PPKM dan lain lain," kata Alfie kepada wartawan, Selasa.

Dijelaskan, pelaksanaan penyaluran Bansos oleh BRI Dumai yang juga membawahi wilayah kerja Kecamatan Kepulauan Rupat Kabupaten Bengkalis secara keseluruhan berjalan sesuai target, dan khusus PKH mencapai 95 persen.

Percepatan pemulihan ekonomi nasional yang lainnya dijalankan BRI Dumai juga meliputi restrukturisasi kredit atau upaya keringanan pembayaran pokok dan bunga kepada debitur yang mengalami kesulitan tidak bisa tepat waktu membayar.

"Pembayaran debitur kita mundurkan jatuh tempo sampai enam bulan, ini juga bentuk keringanan di masa pandemi COVID-19," sebut Alfie, didampingi Nasril Asisten Manager Pemasaran Mikro Nasril, Asisten Manager Pemasaran Sujianto dan Supervisor Novi Tri Wahyuni.

Dalam program kredit usaha rakyat atau KUR, BRI Dumai sepanjang Tahun 2021 ini sudah menyalurkan KUR Ritel dengan skala usah nilai pinjaman Rp500 juta sebanyak Rp90 miliar.

Kemudian penyaluran KUR Mikro dengan skala usaha hingga Rp50 juta mencapai sebanyak Rp163 miliar.

Tujuan program KUR untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riill dan pemberdayaan usaha mikro kecil menengah.

Data dirangkum berbagai sumber, realisasi penyaluran KUR oleh Himbara hingga Juli 2021 mencapai Rp137,5 triliun, atau 53,44 persen, dan BRI menjadi bank penyalur KUR terbanyak sebesar Rp97,8 triliun atau mencapai lebih dari 70 persen total penyaluran KUR secara nasional.

Diharapkan sampai akhir tahun 2021, realisasi penyaluran KUR khususnya KUR BRI 2021 akan lebih baik lagi guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi COVID-19. \

\