Salurkan program CSR, Bank BRI bakal konservasi sungai di Dumai

id BRI,BRI Riau, BRI Pekanbaru,Kanwil BRI Pekanbaru, bersih-bersih sungai

Salurkan program CSR, Bank BRI bakal konservasi sungai di Dumai

Sejumlah pelaku usaha UMKM memperlihatkan KTP dan syarat untuk pengambilan dana bantuan modal tunai dari pemerintah pusat di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Dumai di Dumai, Riau, Selasa (13/10/2020). Sekitar 263 ribu pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) terdampak pandemi covid-19 di Provinsi Riau menerima bantuan modal tunai dari pemerintah pusat sebesar Rp2,4 juta per orang yang disalurkan lewat BRI dan saat ini penyaluran dana bantuan modal tersebut sedang berlansung di setiap daerah. (ANTARA/Aswaddy Hamid)

Pekanbaru (ANTARA) - Bank Rakyat Indonesia (BRI) bakal melakukan program konservasi sungai di Kota Dumai, Provinsi Riau, pada Desember mendatang.

Pimpinan Kantor Wilayah BRI Pekanbaru Mochammad Suratin kepada ANTARA di Pekanbaru belum lama ini, mengatakan program kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang dikemas dalam aksi bersih-bersih sungai ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang bersih, sehat serta memiliki keindahan di sekitaran aliran sungai.

"Pada Desember, kita akan meresmikan kantor cabang BRI di Dumai. Sekaligus kita adakan kegiatan konservasi sungai melalui aksi bersih-bersih sungai Dumai," kata Suratin.

Konsep dari konservasi sungai ini di antaranya melakukan normalisasi atau pembersihan, pengerukan serta pembangunan turap. Untuk menambah keindahan kasawan itu, nantinya juga akan dibangun fasilitas untuk mempercantik daerah aliran sungai.

"Nanti juga akan dibuat semacam tempat pembuangannya, turapnya. Juga akan kita bikin jadi menarik, sehingga bisa menjadi spot untuk berfoto bagi yang berkunjung. Kemudian kita juga akan buat saluran air yang permanen agar sungai itu tetap terjaga kebersihannya hingga seterusnya," kata Suratin.

Tak hanya di Provinsi Riau, Bank BRI melakukan kegiatan konservasi sungai secara serentak di 19 kantor wilayah di seluruh Indonesia dalam jangka waktu pelaksanaan program selama satu tahun inj.

Suratin mencontohkan salah satu program konservasi yang sudah direalisasikan yakni konservasi sungai Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Awalnya, kondisi sungai yang berada di tengah kota itu kurang terawat dan tertata.

"Di Semarang itu seperti di Banjir Kanal Timur. Nah setelah program BRI diimplementasikan di sana yang keliatan kumuh dicat semua jadi warna warni. Terus sungainya jadi bersih karena dibikin sekat penampungnya," kata dia.

Keberadaan program konservasi sungai ini sekaligus untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya lingkungan sehat. Diharapkan melalui program itu, mendorong kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan sungai dan lingkungan.

Baca juga: BRI segera resmikan kantor cabang di Dumai dan Perawang Siak

Baca juga: BRI beri kemudahan bagi UMKM penerima program BPUM di Riau

Baca juga: Siap-siap! Nasabah setia BRI di Riau bakal kebanjiran hadiah BritAma Festival


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar