BI Layani Kas Titipan Di BRI Dumai

id bi layani, kas titipan, di bri dumai

BI Layani Kas Titipan Di BRI Dumai

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Bank Indonesia Perwakilan Riau membuka pelayanan kas titipan di BRI Cabang Dumai guna memudahkan distribusi uang layak edar karena kondisi perbankan di daerah itu semakin tumbuh dengan pesat.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Riau Harreis Meirizal di Dumai, akhir pekan lalu, menyebutkan pembukaan kas titipan itu setelah melalui kajian, survei bertujuan, agar penyelenggaraan peredaran uang lebih efektif, efesien, dan aman, serta dapat memenuhi kebutuhan perbankan.

"Tujuan pelayanan kas titipan juga agar jumlah uang tunai yang beredar di masyarakat dalam kondisi layak edar dan dapat terjaga serta terpelihara dengan baik," katanya.

Dia menjelaskan sektor perbankan Dumai terpantau berkembang baik karena saat ini sudah terdapat 17 kantor bank umum dan satu BPR, sehingga BI menjalin kerja sama dengan BRI setempat berupa pembukaan layanan kas titipan.

Kas titipan di Dumai, kata dia, juga bisa melayani kebutuhan perbankan sekitarnya yang berada di sejumlah kabupaten dan kota, di antaranya Duri Kabupaten Bengkalis, Bagan Siapiapi Rohil, dan Siak.

"BRI Dumai sebagai bank pengelola kas titipan sudah menyiapkan sarana dan prasarana yang baik, ditambah adanya dukungan pemerintah daerah dan diharapkan ke depan ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain," katanya.

Dia mengatakan BI juga menyediakan pelayanan kas keliling dengan sasaran langsung kepada masyarakat di pusat keramaian, seperti pasar, pameran, dan hingga pelosok daerah.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Dumai Hendra Usman menyambut baik dibukanya pelayanan kas titipan itu, mengingat perputaran uang cukup tinggi karena pertumbuhan sektor industri pengolahan crude palm oil, migas, dan lainnya.

"Pertumbuhan dunia usaha disertai perbankan juga menjadi bukti bahwa perekonomian daerah menggeliat pesat dan maju, sehingga sangat tepat jika BI membuka pelayanan kas titipan di Dumai," katanya.

Dalam rangka pembukaan layanan kas titipan itu, sudah dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Riau dengan Kepala PT BRI Cabang Dumai belum lama ini.