79 rumah warga suku adat terpencil di Riau dibedah

id Bedah rumah,Kemensos

79 rumah warga suku adat terpencil di Riau dibedah

Di  Riau tahun ini menerima bantuan 79 unit rumah program pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT), dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, Pekanbaru, Sabtu, (9/10/2021).ANTARA/Vera. (Vera lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Tahun ini warga suku adat terpencil di Riau boleh berlega hati, pasalnya Kementerian Sosial bakal mengucurkan sejumlah dana bantuan bagi program bedah rumah.

"Di Riau tahun ini menerima bantuan 79 unit rumah program pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT), dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI," kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Riau, Tengku Zul Effendi di Pekanbaru, Sabtu.

Dia mengatakan, 79 unit rumah program KAT itu akan disebar pada dua wilayah di Riau yakni, Kabupaten Indragiri Hilir sebanyak 27 unit rumah, dan Kepulauan Meranti ada 52 unit.

"Satu unit rumah masing-masing mendapat bantuan sebesar Rp35 juta. Uangnya ditransfer langsung oleh Kemensos kepada kelompok masyarakat, yang mengkoodinir pembangunan atau renovasi rumah," katanya.

Sedangkan untuk menentukan penerima lanjut dia, ada tim dari Dinas Sosial yang telah melakukan penjajakan dan memenuhi kriteria yang ditentukan Kemensos.

"Jadi bentuknya itu sesuai dengan penjajakan atau survei awal yang dilakukan tim Kemensos. Saat survei kita ikut mendampingi. Jadi bantuannya bisa berbentuk rumah baru atau renovasi jika fisik rumahnya sudah ada," katanya.

Tengku Zul menyebut, saat ini pembangunan rumah KAT yang sudah mulai berlangsung, cantohnya di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil)

"Selanjutnya setelah di Inhil dua minggu lalu, maka dimulai di Kepulauan Meranti pekan depan. Kita harapkan tahun anggaran 2021 sudah siap," tukasnya.