Polda Riau layani vaksinasi COVID-19 warga disabilitas dan masyarakat terluar

id Polda Riau

Polda Riau layani vaksinasi COVID-19 warga disabilitas dan masyarakat terluar

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi yang meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi penyandang disabilitas di gedung Vaksin Center Jalan Sudirman Pekanbaru, Sabtu (14/8/2021). (ANTARA/HO-Humas Polda Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Tim dari Polda Riau menyelenggarakan vaksinasi COVID-19 khusus bagi para penyandang disabilitas dan bagi masyarakat di kawasan pulau terluar di Riau, di antaranya Suku Sakai Bengkalis, Suku Akit di Meranti dan Suku Talang Mamak Inhu yang digelar, Sabtu.

"Kita memberikan perhatian khusus bagi penyandang disabilitas dengan menjemput dan mengantarkan serta mengawal mereka ke vaksin center, mengingat keterbatasan fisik mereka semata untuk mewujudkan kekebalan komunal," kata Kabid Dokkes Polda Riau Kombes Pol dr Prio Kuncoro kepada wartawan di Pekanbaru, Sabtu.

Kegiatan vaksinasi bagi penyandang disabilitas diselenggarakan di Vaksin Center Jalan Sudirman Pekanbaru.

Dia mengatakan, dari data yang diterima terdapat sebanyak 23 orang penyandang disabilitas dari beberapa kabupaten antusias menjalankan vaksin diantaranya 8 orang dari Pekanbaru, 8 orang dari Siak, 4 orang dari Pelalawan dan 3 orang dari Kampar.

Pada siang ini, katanya menyebutkan pihaknya bersama tim melayani secara khusus warga penyandang disabilitas, dijemput dan dikawal oleh petugas kita dengan didampingi keluarga, mereka adalah bagian dari upaya mewujudkan kekebalan komunal sehingga semuanya memiliki kekebalan terhadap virus, minimal harus mencapai angka 70 persen dari jumlah penduduk.

Sementara itu Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi yang meninjau pelaksanaan vaksin, menyempatkan diri berbincang langsung kepada salah seorang penyandang disabilitas usai menjalani vaksin COV8D-19 mengucapkan terimakasih atas waktu dan kesempatanya bisa hadir untuk vaksin di vaksin center.

"Semangat saudara kita ini bisa jadi contoh. Dengan keterbatasan tapi masih memiliki semangat yang luar biasa,"ujar Agung.

Sumirah, salah satu penyandang disabilitas berusia 65 tahun mengaku senang setelah melewati vaksin dan puas dengan pelayanan Polda Riau.

"Awalnya sempat takut tapi setelah dijalani kini lebih senang dan merasa nyaman. Terimakasih pak Polisi yang bersedia membantu kami vaksin hari ini, saya mengajak semua untuk ayo melakukan vaksin seperti saya,” katanya.