Bupati Meranti curhat masalah pembangunan ke Kemensesneg RI

id Bupati meranti, bupati adil

Bupati Meranti curhat masalah pembangunan ke Kemensesneg RI

Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil saat berbincang-bincang bersama Sekretaris Kemensesneg RI Setya Budi. (ANTARA/HO-Pemkab Meranti)

Selatpanjang (ANTARA) - Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil getol mencari solusi untuk menuntaskan masalah daerah khususnya dalam menggesa pembangunan dan mengentaskan kemiskinan di kabupaten termuda di Riau ini.

Ia menyadari jika hanya mengandalkan dana APBD, Pemkab Meranti akan kesulitan untuk mewujudkan semua target pembangunan yang ingin dicapai.

Perlu sinergitas dan dukungan dari Pemerintah Pusat dengan semua kementerian yang ada untuk bersama-sama membangun Meranti seperti yang dicita-citakan.

Untuk mencari solusi itu, Bupati Adil menyambangi Kementerian Sekretaris Negara (Kemensesneg) RI di Jakarta Pusat, Kamis (24/6).

Di sana, ia curhat tentang masalah yang dihadapi Meranti yang hampir menyentuh semua sektor mulai dari rendahnya tingkat pendidikan, tingginya angka kemiskinan dan pengangguran. Bahkan lengkap dengan keterbatasan infrastruktur, kurang optimalnya penanganan kesehatan, rendahnya ekonomi dan lainnya.

"Memang perlu dicari solusi cepat dan tindakan yang tepat agar semua masalah tersebut dapat segera dituntaskan," kata Adil.

Selanjutnya dalam pertemuan sekaligus silahturahmi yang berlangsung hangat itu, Bupati H.M Adil, menyampaikan berbagai masalah yang dihadapi oleh Kabupaten yang berada dibatas negara dan beranda terdepan Indonesia tersebut.

Mantan Legislator DPRD Riau itu juga berharap semua masalah yang dihadapi Meranti mendapat atensi khusus dari Presiden RI Joko Widodo sesuai dengan janjinya yang akan membangun Indonesia dari wilayah pinggiran (batas negara).

"Jika tidak ada tindakan atau solusi, dikhawatirkan Meranti akan sulit maju dan tingkat kemiskinan yang berada diangka 28 persen akan semakin meningkat. Apalagi saat ini diperparah dengan adanya wabah pandemi COVID-19," ungkapnya.

Dan ia berharap setelah pertemuan ini akan mendapat kesempatan bertemu dan menyampaikan langsung keluhan Meranti dengan Presiden RI Joko Widodo.

Setelah mendengarkan semua pemaparan dari Bupati Adil, Sekretaris Kemensesneg RI Setya Utama berjanji akan membawa masalah Meranti ini kepada Presiden RI Joko Widodo.

"Kita akan mengatur pertemuan antara Presiden RI dengan beberapa kementerian terkait dan lembaga untuk membahas masalah yang dihadapi Meranti, agar semua masalah pokok yang dihadapi segera dapat ditangani," ujarnya.

Dapat disampaikan pula, turut mendampingi Bupati dalam pertemuan tersebut, Plt Sekretaris Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Meranti Syahril, Kabid Perencanaan Bappeda Robert Saputra, Kasi Bina Marga Dinas PUPR Rahmat Kurnia.

Baca juga: Ekspor perkebunan Kepulauan Meranti ke Malaysia meningkat

Baca juga: Wamen ATR/BPN ke Meranti, Bupati curhat panjang agar lahan masyarakat bebas PIPPIB