Sosialisasi adaptasi PJJ di Kasikan Kampar, Kukerta UR kenalkan rumah belajar

id kukerta UR, universitas riau

Sosialisasi adaptasi PJJ di Kasikan Kampar, Kukerta UR kenalkan rumah belajar

Mahasiswa Kukerta UR di Desa Kasikan, Kampar. (ANTARA/HO-Kukerta UR)

Pekanbaru (ANTARA) - Mahasiswa kuliah kerja nyata (Kukerta) Universitas Riaumengadakan sosialisasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) kepada guru yang mengajar di Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pendidikan Perkapen Tandun Group(YP2 TG) DesaKasikan Kabupaten Kampar.

"Sebelum sosialisasi diadakan, kami telah berdiskusi dengan guru dan beberapa siswa SMP YP2 TG mengenai kendala yang dialami saat pembelajaran daring adalah keterbatasan jaringan," kataKoordinator Tim Kukerta,Rio Puja Kusuma.

Sosialisasi adaptasi PJJ dilaksanakan pada 29 Juli 2020 di Laboratorium IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) SMP YP2 TG yang dihadiri Guru dan tiga orang siswa.Dari tim anggota yakni Anugrah Abdi Andita, Chairun Annisa, Dewi Rama Putri, Glorya Simanjuntak, Hermawan Freditama, Mutiara Olivia, Kristianti Nainggolan, Krismon Sinaga dan Rosnia Marbun

Sosialisasi adaptasi PJJ ini lanjutnya merupakan kegiatan utama dari 14 kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Kukerta Balek Kampung Desa Kasikan. Hal ini dikarenakan pandemi COVID-19 yang penyebarannya semakin meningkat hingga menyebabkan terkendalanya kegiatan pembelajaran.

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 4 Tahun 2020 tentang pembelajaran di segala tingkat pendidikan dialihkan menjadi PJJ. Maka dari itu sosialisasi adaptasi PJJ bertujuan untuk berbagi pengetahuan kepada guru dan juga siswa di SMP YP2 TG tentang sistem pembelajaran dalam jaringan dengan menggunakan aplikasi seperti Google Classroom, Google Meet, WhatsApp (WA) dan Zoom.

Dalam sosialisasi ini mahasiswa kukerta juga berbagi konsep pembelajaran “Rumah Belajar” yang dapat menjadi solusi keterbatasan jaringan. Pasalnya sedikit siswa SMP YP2 TG yang memiliki smart phone.

“Alasan kami berbagi pengetahuan tentang aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh dan konsep Rumah Belajar karena siswa yang memiliki smartphone hanya beberapa dan kesulitan dalam menggunakan aplikasi pembelajaran daring,” ujarnya.

Sistem sosialisasi yang digunakan adalah dengan menjelaskan aplikasi pembelajaran daring. Kemudian guru dan siswa praktek menggunakan aplikasi dengan dibantu oleh para mahasiswa kukerta. Konsep "Rumah Belajar" juga dijelaskan oleh mahasiswa kepada Guru SMP YP2 TG.

Kegiatan sosialisasi adaptasi PJJ ini disambut baik oleh Guru dan siswa di SMP YP2 TG. Pembelajaran diharapkan dapat berjalan dengan baik, karena pendidikan tidak boleh berhenti karena Seperti yang disampaikan Aristoteles Pendidikan adalah bekal terbaik untuk perjalanan hidup (Aristoteles).

Baca juga: Inilah hand sanitizer tanpa sentuh karya mahasiswa Universitas Riau

Baca juga: Kukerta UR di Lubuk Jawi Rohil sosialisasikan adaptasi pengajaran daring