Warga Desa Sesap Meranti ikuti lomba masak mi sagu digagas mahasiswa KKN Unri

id Desa sesap, mi sagu, kukerta unri

Warga Desa Sesap Meranti ikuti lomba masak mi sagu digagas mahasiswa KKN Unri

Suasana lomba memasak mi sagu di Desa Sesap. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Tim mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN)Universitas Riau melaksanakan kegiatan lomba memasak mi sagu khusus ibu-ibu di Balai Sosial Desa Sesap, Kabupaten Kepulauan Meranti, pada Senin (1/8).

Peserta lomba berharap dengan menu mi sagu tersebut dapat dikembangkan masyarakat ke depannya agar makanan lokal tetap terlestarikan.

Ketua KKN mahasiswa Unri di Desa Sesap Sutri Rahmadani mengatakan lomba masak mi sagu peserta yang ikut berjumlah sembilan orang yang dibagi menjadi tiga kelompok. Setiap tim harus memenuhi persyaratan penilaian yaitu rasa, kreativitas, dan kebersihan.

Antusias ibu ibu dalam mengikuti lomba memasak ini disambut meriah dengan baik dan bersemangat, mereka pun menyelesaikan dalam waktu 20 menit.

Setelah selesai dengan waktu yang ditentukan, kemudian tim juri terdiri beranggotakan Ibu Nur, Ibu Eva dan Ketua dari KKN Unri.

Ibu-ibu Desa Sesap kepada Tim Kukerta Unri mereka sangat berterimakasihdengandiadakannya lomba ini karena bisa menjadi salah satu agenda untuk mengisi waktu kosong.

Mi sagu merupakan salah satu makanan lokal yang harus di lestarikan di Kabupaten Kepulauan Meranti khususnya di Desa Sesap yang memiliki ratusan hektare lahan pohon sagu sehingga sangat potensial untuk dikelola.

Mi sagu berbahan baku sagu yang telah diuleni dan kemudian dipotong kecil-kecil dengan memanjang seperti mi. Mi sagu memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai cadangan makanan dan sumber energi bagi tubuh.

Kemudian mi sagu juga dapat disajikan dengan berbagai macam hidangan baik dalam bentuk menu berkuah maupun kering. Mi sagu dapat dicari diberbagai warung atau tempat kuliner yang ada di Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti.