Mahasiswa Kukerta Unri Desa Batu Langkah Kecil di Kampar gelar Festival Muharram

id kukerta unri,kkn unri,desa batu belah kecil

Mahasiswa Kukerta Unri Desa Batu Langkah Kecil di Kampar gelar Festival Muharram

Suasana memperingati Hari Anak Nasional 2023 bersama mahasiswa Kukerta Unri dan murid SD Batu Langkah Kecil, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Dalam rangka peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah, Kukerta Universitas Riau di bawah bimbingan Dr Trisla Warningsih menggelar acara Festival Muharram di Masjid At-Tahrir selama dua hari, pada 19 dan 21 Juli 2023 di Desa Batu Langkah Kecil, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar.

Rangkaian acara kegiatan itu terdiri dari pembukaan, pelaksanaan lomba anak seperti mewarnai kaligrafi dan lomba tartil. Dilanjutkan dengan kegiatan siraman rohani, doa awal tahun, pengumuman pemenang, dan pembagian hadiah, sekaligus menjadi rangkaian penutupan dalam acara peringatan Festival Muharram.

Perlombaan yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Kukerta UNRI disambut antusias tinggi dari anak-anak Desa Batu Langkah Kecil. Hal itu terlihat dari banyaknya peserta perlombaan.

Ketua Kukerta UNRI Muhammad Halim Rafif menyampaikan untuk lomba mewarnai kaligrafi, peserta mencapai 31 anak dengan pemenang Nurfazira, sedangkan lomba tartil memiliki jumlah peserta 28 anak dengan pemenang Nur Aini.

Kepala Desa Batu Langkah Kecil Khairul Amri berharap acara ini dapat menambah semarak tahun baru Islam, menumbuhkan rasa persaudaraan, dan dapat memunculkan potensi serta bakat anak-anak melalui kegiatan perlombaan.

Selain Festival Muharram, mahasiswa Kukerta UNRI Desa Batu Langkah Kecil juga memiliki program kerja sosialisasi literasi digital, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2023.

Acara sosialisasi menghadirkan murid kelas V dan VI SDN 012 Desa Batu Langkah Kecil dengan mengusung tema "Aku Aman Aku Nyaman di Dunia Internet".

Ia berharap sosialisasi ini dapat membantu anak-anak untuk lebih memahami pengaruh dunia internet, keamanan informasi pribadi, dan imbauan akan adanya eksploitasi seksual anak di dunia internet.

Sementara Humas Kukerta UNRI Desa Batu Langkah Kecil, Mega Julia, menambahkan hal yang disampaikan dalam acara ini merupakan pemahaman yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak di masa sekarang dimana mereka sudah tidak asing lagi dengan gawai.

Acara ini juga dilatarbelakangi banyaknya kasus di dunia maya yang melibatkan anak, salah satunya kasus eksploitasi seksual anak. "Bagus kak, terus ada hiburannya (menonton dan bernyanyi) juga jadi seru," ungkap Nika, siswi kelas V SDN 012 Batu Langkah Kecil.

Acara sosialisasi ini dikemas dengan menarik dan menyenangkan, diselingi dengan menyaksikan video animasi terkait keamanan anak di dunia internet dan ditutup dengan bernyanyi bersama lagu Jadi Hebat dan Duniaku, Dunia Digitalku.