Mahasiswa Kukerta RPL Fakultas Keperawatan Unri berdayakan Posyandu di Sri Meranti Pekanbaru

id Kukerta unri, fakuktas keperawatan, unri

Mahasiswa Kukerta RPL Fakultas Keperawatan Unri berdayakan Posyandu di Sri Meranti Pekanbaru

Mahasiswa Kukerta RPL Fakultas Keperawatan Unri saat kukerta Posyandu di Kelurahan, Sri Meranti, Rumbai, Pekanbaru. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Kegiatan kuliah kerja nyata (kukerta) yang dilakukan oleh Mahasiswa RekognisiPembelajaran LampauRPL di Kelurahan Sri Meranti yang dilakukan selama 40 hari sejak 26 April 2024 telah menjalankan serangkaian kegiatan kesehatan di berbagai lokasi di Kelurahan Sri Meranti, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru.

Dosen Pendamping Lapangan (DPL) mengatakan Nurhannifah Rizky Tampubolon M.Kep melalui pernyataannya kepada ANTARA, Rabu, mengatakan tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dalam menjaga kesehatan sepanjang hayat.

Semua ini merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi yang menekankan pada pengabdian kepada masyarakat.

Dia mengatakan kegiatan ini mencakup sejumlah program prioritas yang ditujukan untuk berbagai kelompok usia, mulai dari balita, anak-anak hingga lansia.

Optimalisasi pemberdayaan posyandu menjadi salah satu program prioritas dalam kegiatan ini. Mahasiswa bekerjasama dengan kader posyandu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi ibu hamil, bayi, dan balita.

Mahasiswa membantu dalam pendataan, memberikan stimulasi perkembangan anak sesuai usia, pemantauan tumbuh kembang anak serta memberikan penyuluhan mengenai gizi seimbang.

Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan peran posyandu sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat di tingkat dasar.

Pada awal program, mahasiswa menemukan bahwa salah satu tantangan utama di posyandu adalah rendahnya angka kunjungan masyarakat. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran akan pentingnya layanan posyandu serta kondisi fisik posyandu yang kurang memadai.

Mahasiswa bersama kader menggerakkan kembali swadaya masyarakat untuk memperbaiki fasilitas posyandu, diharapkan masyarakat merasa lebih nyaman dan tertarik untuk memanfaatkan layanan posyandu.

Hasil dari upaya pemberdayaan ini sangat menggembirakan. Data menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam jumlah kunjungan ke posyandu.

Masyarakat mulai menyadari pentingnya posyandu sebagai pusat layanan kesehatan dasar yang mudah diakses dan sangat bermanfaat, terutama bagi ibu hamil, bayi, dan balita.

Mahasiswa juga melakukan penyuluhan di posyandu lansia sekaligus pengecekan tekanan darah, gula darah, dan pemeriksaan fisik umum pada lansia. Selain itu, mahasiswa dan tenaga kesehatan juga gelar kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan memberikan edukasi mengenai cuci tangan dan kesehatan gigi di SDN 166 Kelurahan Sri Meranti.

Pada penutupan kegiatan Kukerta, mahasiswa memberikan edukasi tambahan kepada masyarakat tentang cara penyimpanan dan pengolahan daging kurban yang benar. Edukasi ini diperlukan dan di implementasikan pada saat Idul Adha. Kelurahan Sri Meranti menyambut baik program-program mahasiswa dan berharap kegiatan bisa dilanjutkan oleh masyarakat.