Kukerta UR di Lubuk Jawi Rohil sosialisasikan adaptasi pengajaran daring

id kukerta UIR, KKN, Unri

Kukerta UR di Lubuk Jawi Rohil sosialisasikan adaptasi pengajaran daring

Pembelajaran daring yang disosialisasikan tim Kukerta UR. (ANTARA/HO-Kukerta UR)

Pekanbaru (ANTARA) - Tim pengabdian mahasiswa/mahasiswi Universitas Riau yang tergabung dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Balek Kampung di Desa Lubuk Jawi, Kabupaten Rokan Hilir, melakukan sosialisasi adaptasi pengajaran daring.

"Dalam kegiatan ini tim mensosialisasikan tentang pembelajaran daring sekaligus pengenalan aplikasi pendukung untuk pembelajaran daring seperti google classroom yang saat ini paling umum digunakan," kata anggota timPridho Julian.

Kegiatan dilakukandi Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Balai Jaya, Kecamatan Balai Jaya, pada 8 Agustus lalu. Di bawah bimbingan dosen lapangan Dr. M. Amrul Khoiri, SP, MP anggota tim lainnyaHardinan Haniel, Eko Marjan, Galef Alfahrezi, Imanur Panji, Vivi Mardani, Sri Rahayu, Sarma Punia, Yosda Br Gultom dan Yohana Lumbantoruan.

Dikatakannya, sesuai Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020, pembelajaran di segala tingkat pendidikan dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring (dalam jaringan). Ini berkenaan dengan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19) yang semakin meningkat.

Maka kesehatan lahir dan batin siswa, guru, kepala sekolah dan seluruh warga sekolah menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan kebijakan pendidikan. Selain Google Classroom,

beberapa aplikasi pendukung lainnya juga disosialisasikan dengan tujuan agar para guru dapat menyesuaikan diri dengan perubahan cara belajar mengajar yang saat ini diterapkan.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruangan komputer SMP Negeri 1 Balai Jaya ini dimulai pada pukul 09.30 WIB. Ibu Nurhafizah mewakili kepala sekolah yang saat itu berhalangan hadir menyambut dengan baik kedatangan Tim Kukerta Desa Lubuk Jawi.

"Kami berterimakasih kepada adik-adik mahasiswa kukerta Universitas Riau yang telah melaksanakan kegiatan sosialisasi ini di SMP Negeri 1 Balai Jaya. Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini kami para guru merasa terbantu dalam proses belajar mengajar secara daring," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar