Pengabdian masyarakat, Tim Kukerta UR lakukan fogging di Kelurahan Delima Pekanbaru

id fogging, dbd pekanbaru, kkn pekanbaru, kukerta pekanbaru

Pengabdian masyarakat, Tim Kukerta UR lakukan fogging di Kelurahan Delima Pekanbaru

Kegiatan fogging Kukerta UR. (ANTARA/HO-Kukerta UR)

PEKANBARU, (ANTARA) - Tim Kuliah Kerja Nyata Relawan Universitas Riau melakukan pengasapan atau Fogging di Perumahan Tiga Dara Kelurahan Delima,Kecamatan Bina Widya, Kota Pekanbarumengantisipasi perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD).

Ketua Tim Kukerta, Angga Asrian Putra, mengatakan anggota tim melaksanakan Fogging di Perumahan Tiga Dara mengingat bahayanya DBD) di lingkungan masyarakat masa pandemi dan harus segera teratasi. Selain itu, tim kukerta relawan kembali lakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pencegahan DBD dengan 3 M yaitu menguras/membersihkan tempat-tempat genangan air, menutup rapat tempat minum dan mengubur barang-barang bekas yang bisa menampung air seperti kaleng, botol dan sebagainya.

"Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kami dari tim kukerta kepada masyarakat terutama di Perumahan Tiga Dara Kelurahan Delima dan fogging hanya membunuh nyamuk dewasa selebihnya masyarakat harus melaksanakan 3M," kata Angga pada kegiatan Selasa (27/7).

Arya salah satu anggota tim Kukerta mengatakan, Sebelumnya telah survei lokasi ke perumahan tersebut dan banyak ditemukan nyamuk dewasa. Fogging ini perlu dilaksanakan mengingat bahaya penyakit DBD dan ramainya anak-anak di wilayah Perumahan Tiga Dara.

"Harapan ke depannya masyarakat dapat memberikan perhatian lebih dan menerapkan 3 M guna mencegah perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti sehingga wabah DBD segera berakhir," ujarnya.

Ketua RT 06/RW 03 Bob Harpen di Perumahan Tiga Dara mengatakan penyemprotan nyamuk atau fogging dilakukan ketika di suatu daerah/lokasi ditemukan kasus DBD. Bob mengatakan adanya laporan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) sebanyak dua korban dan perlu ditindaklanjuti.

Situasi keadaan di Perumahan Tiga Dara sering ditemukan nyamuk dewasa di berbagai titik. Hal ini sudah disampaikan ke pihak atasan untuk segera lakukan fogging(pengasapan) guna mengantisipasi perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD).

Namun hingga saat ini fogging tidak dapat dilaksanakan karena harus terdata sebanyak tiga korban Demam Berdarah Dengue (DBD).Bob berharap supaya wabah DBD ini segera teratasi dan berbagai upaya pencegahan dilakukan demi menekan perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti di wilayah Perumahan Tiga Dara.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021