Pekanbaru beli 2.000 alat uji usap COVID-19

id Uji usap,RSUD Madani pekanbaru,covid pekanbaru,tes swab covid,berita riau antara,berita riau terbaru

Pekanbaru beli 2.000 alat uji usap COVID-19

Seorang warga menjalani uji usap (swab) massal di Pasar Sukaramai, Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (26/6/2020). (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan melakukan pengadaan atau beli alat uji usap tenggorokan atau swab sebanyak 2.000 unit dalam waktu dekat guna pemenuhan kebutuhan pengujian kasus COVID-19 di Ibukota Provinsi Riau itu.

"1.000 alat uji usap pengadaannya di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani dan 1.000 lagi di Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru," kata Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldi Saragih di Pekanbaru, Minggu.

Ia mengatakan paling cepat pengadaan alat uji usap ini tuntas dalam satu pekan ke depan. Sehingga bisa digunakan untuk menguji para petugas yang berhubungan dengan penanganan COVID-19 selama ini.

"Sejak awal sudah kami rencanakan melakukan uji usap bagi petugas yang berhubungan dengan penanganan COVID-19,

jadi kita tunggu pengadaan dulu," kata Zaini.

Diakui dia sebelumnya Diskes sudah melakukan uji usap bagi para tenaga medis pada dua tempat guna memutus penularan COVID-19.

"Mereka menjalani swab test di Puskesmas Rumbai dan RSD Madani," tukasnya.

Sebelumnya diberitakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, perkembangan kasus positif COVID-19 di Riau hingga Sabtu (25/7) terjadi penambahan lima kasus, tiga diantaranya merupakan tenaga kesehatan di salah satu rumah sakit di Pekanbaru.

"Informasi per hari ini di Provinsi Riau terdapat penambahan 5 kasus positif COVID-19. Kabar baiknya terdapat penambahan 10 pasien yang dinyatakan sembuh," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru Sabtu.

Mimi mengatakan, tiga pasien positif adalah Pasien 363 positif Ny. ER (39) yang merupakan warga Kota Pekanbaru dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

"Ny. ER (39) merupakan tenaga kesehatan di salah satu rumah sakit yang ada di Kota Pekanbaru. Ny. ER (39) merupakan kontak erat dari (teman) Kasus Positif Ke 289 Ny. FYP (24) yang merupakan warga Kota Pekanbaru," kata Mimi.

Pasien 364 positif covid-19 di Riau adalah Ny. LIH (42) yang merupakan warga Kota Pekanbaru dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

"Ny. LIH (42) juga merupakan tenaga kesehatan di salah satu Rumah Sakit yang ada di Kota Pekanbaru. Ny. LIH (42) mengikuti swab massal di Kota Pekanbaru pada tanggal 22 Juli 2020 dengan hasil dinyatakan positif Covid-19. Belum diketahui riwayat penularan dari Ny. LIH (42) karena tidak memiliki riwayat perjalanan dan riwayat kontak erat dengan pasien positif Covid-19," terangnya.

Pasien 365 positif covid-19 di Riau adalah Ny. WS (57) yang merupakan warga Kota Pekanbaru dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

"Ny. WS (57) adalah tenaga kesehatan di salah satu Rumah Sakit yang ada di Kota Pekanbaru. Ny. WS (57) mengikuti Swab masal di Kota Pekanbaru pada tanggal 22 Juli 2020 dengan hasil dinyatakan Positif Covid-19. Belum diketahui riwayat penularan dari Ny. WS (57) karena tidak memiliki riwayat perjalanan dan riwayat kontak erat dengan pasien positif Covid-19," katanya.

Baca juga: Pekanbaru pindahkan kerja ASN ke rumah antisipasi peningkatan COVID-19

Baca juga: 500 pegawai RSUD AA Riau jalani uji swab karena 16 nakes positif COVID-19

Baca juga: Pekanbaru bertambah 24 kasus COVID-19 terbanyak pekerja di rumah sakit