Ketua KPU Riau positif COVID-19, komisioner lain langsung uji usap

id Kpu riau,ketua kpu riau covid,covid riau,berita riau antara,berita riau terbaru

Ketua KPU Riau positif COVID-19,  komisioner lain langsung uji usap

foto ilustrasi. Rombongan Babinsa dan Bhabinkamtibmas berangkat untuk membagikan masker gratis kepada masyarakat di Pekanbaru, Riau, Kamis (10/9/2020). ANTARA FOTO/Rony Muharrman/nz

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Riau menyatakan salah satu Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau berinisial IY, yang menjabat sebagai ketua, terkonfirmasiCOVID-19 berdasarkan hasil ujiusap atau swab.

"Kabar positifnya kami peroleh dari Diskes Riau setelah hasil labor keluar tadi pagi," Komisioner KPU Riau, Nugroho Noto Susanto di Pekanbaru, Jumat.

Nugroho Noto Susanto mengatakan Ketua KPU melakukan swab mandiri pada Selasa (8/9) dan hasilnya baru keluar Jumat (11/9).

"Swab ini dilakukan ketua antisipasi baru kembali dari perjalanan dinas di Meranti," katanya.

Dengan dinyatakan terkonfrimasinyaKetua KPU Riau terpapar virus corona, maka komisioner lainnya dilakukan tracing dan uji usap.

"Semua komisioner KPU dan staf yang satu kantor dan kontak langsung sudah uji usap tenggorokan tadi, tinggal menunggu hasil," katanya.

Selain uji usap, KantorKPU Riau juga sudah langsung memberlakukan protokoler kesehatan yakni penyemprotan disinfektan, dan pengaturan jaga jarak untuk pelayanan.

"Sementara layanan Kantor KPU tutup dan dipindahkan ke rumah (WFH) mulai pekan depan," katanya.

Untuk Komisioner dan staf yang sudah dilakukan traching diminta isolasi mandiri dan tidak boleh bertemu orang sebelum hasil uji usap tenggorokan diketahui.

"Termasuk Ketua saat ini tidak di rawat di RS tetapi isolasi mandiri, sebab sejauh ini ia baik-baik saja tanpa ada gejala cuma keletihan sepulang dari Meranti," tukasnya.

Baca juga: Waduh, rumah sakit di Pekanbaru kekurangan ventilator untuk pasien COVID-19 kondisi berat

Baca juga: Kasus sudah 500 lebih, Siak di-PSBB-kan Pemprov Riau?

Baca juga: Pekanbaru alami ledakan kasus COVID-19 mencapai 114 orang