Sempat tuding bermain proyek, pengamat politik ini minta maaf ke DPRD Riau

id DPRD Riau,saiman pakpahan

Sempat tuding bermain proyek, pengamat politik ini minta maaf ke DPRD Riau

Saiman Pakhpahan (ANTARA/Diana)

Pekanbaru (ANTARA) - Pengamat politik Universitas Riau Saiman Pakpahan menyampaikan klarifikasi dan permohonan maaf atas kekeliruan informasi yang dikutip oleh salah satu media daring beberapa waktu lalu.

Pernyataan maaf secara terbuka dan klarifikasi disampaikan Saiman kepada lembaga DPRD Riau, khususnya yang menyudutkan Fraksi Demokrat DPRD Riau atas informasi keliru tudingan "bermain proyek".

Saiman mengatakan pernyataan yang dimuat tidak sepenuhnya benar karena dia awalnya hanya ingin meluruskan kritikan yang disampaikan DPRD Riau terkait lambannya penanganan COVID-19 yang dilakukan Gubernur Riau.

"Saya ingin mengklarifikasi bahwa saya tidak menempatkan Partai Demokrat bermain proyek. Saya justru awalnya tidak menyinggung partai. Namun ketika wawancara saya disodorkan pertanyaan. Saya enggak tau kenapa yang ditanyakan Fraksi Demokrat. Makanya saya bertanya ke wartawannya, kenapa dengan Fraksi Demokrat. Ternyata itu yang ditulis," ucap Saiman.

Dia juga mengklarifikasi kapasitas narasumber yang dicantumkan dalam pemberitaan sebagai tim ahli gubernur juga tidak diketahui olehnya.

"Kapasitas narasumber sebagai tim ahli juga tidak benar pada posisi yang disebutkan dalam pemberitaan. Atas penyampaian dan komunikasi publik yang keliru. Saya atas nama pribadi menyampaikan permohonan maaf secara terbuka," sebutnya.

Baca juga: Giliran Ketua DPRD Riau dipanggil KPK terkait korupsi Bengkalis

Sementara itu, Ketua Fraksi Demokrat DPRD Riau Agung Nugroho saat dikonfirmasimengaku pihaknya sudah terlebih dahulu menerima permintaan maaf Saiman.

Menurut dia, kritik dalam suatu pemerintahan itu sangat biasa dan wajar. Apalagi, DPRD sendiri memiliki kewajiban untuk mengkritik pemerintah.

Sementara itu, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Riau Robin P Hutagalung meminta agar Saiman menyampaikan perminta maafsecara terbuka kepada lembaga DPRD Riau.

Sebagai lembaga yang bertugas mengawasi kinerja eksekutif, sangat wajar jika ada kritikan yang disuarakan oleh wakil rakyat.

"Saiman harus minta maaf ke DPRD Riau, bukan hanya kepada Fraksi Demokrat saja. Meminta maaf didasari kesadaran. Jangan karena ketakutan," ucapnya.

Baca juga: Fraksi Demokrat DPRD Riau sidak terminal Bandaraya Payung Sekaki

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar