Pengurusan Paspor TKI Melalui Imigrasi Dumai Meningkat

id pengurusan paspor, tki melalui, imigrasi dumai meningkat

Dumai, 23/6 (ANTARA) - Pengurusan paspor 24 halaman khusus untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ingin bekerja di luar negeri melalui Kantor Imigrasi Kelas II Kota Dumai, Riau, dalam beberapa bulan terakhir mengalami peningkatan.

Kepala Kantor Imigrasi kelas II Dumai, Renny Simanungkalit, di Dumai, Kamis mengatakan, data statistik menunjukkan pada Maret 2011 jumlah pengurusan paspor 24 untuk TKI ada sekitar 20 paspor, kemudian di bulan April 2011 yang mencapai 22 paspor.

"Pada bulan Mei jumlahnya kembali meningkat hingga mencapai 32 paspor khusus TKI," katanya.

Sementara untuk paspor 48 lembar khusus pelancong atau turis, menurut dia, cenderung bervariasi atau kadang meningkat dan kadang justru menurun.

"Seperti pada bulan Maret, jumlah pengurusan paspor 48 ada sekitar 1.080 pengurusan. Kemudian pada April menurun jadi sebanyak 1.026 pengurusan dan pada Mei kembali meningkat hingga 1.102 paspor," katanya lagi.

Sementara mengenai faktor penyebab meningkatnya pengurusan paspor TKI di Imigrasi Dumai, Simanungkalit mengaku tidak mengetahui secara pasti.

"Yang jelas para calon TKI yang mengurus paspor ini kebanyakan berasal dari luar Dumai," katanya.

Sebelumnya, pemerintah setempat tengah berupaya meminimalisir penyelundupan TKI melalui jalur Pelabuhan Dumai, yakni dengan pembentukan satuan tugas (Satgas).

"Satgas yang diisi oleh berbagai instansi terkait khusus fokuskan untuk pengamanan sejumlah wilayah rawan pengiriman TKI secara ilegal, mulai dari terminal pelabuhan resmi hingga pelabuhan tikus," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Dumai, Syamsul Bahri.