Pemko Dumai Salurkan Rp 385 Juta Untuk UEK-SP

id pemko dumai, salurkan rp, 385 juta, untuk uek-sp

Dumai, 4/1 (ANTARA) - Pemerintah Kota Dumai, Riau, menyalurkan dana sebesar Rp385 juta untuk Usaha Ekonomi Kelurahan-Simpan Pinjam atau UEK-SP.

Bantuan tahap pertama tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Wali Kota Dumai, dr Agus Widayat di Kantor Kelurahan Bumi Ayu, Kecamatan Dumai Timur, Selasa.

Agus Widayat usai penyerahan dana tersebut mengatakan, nantinya dana tersebut akan dimanfaatkan oleh sekitar 39 pengusaha kecil yang ada disana.

Kadis Koperasi, Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Penanaman Modal (UKM/PM) Kota Dumai Bambang Sumantri, mengatakan, masing-masing unit usaha program bantuan permodalan itu sebenarnya menerima penyaluran dana sebesar Rp500 juta per kelurahan yang diperuntukkan mendukung usaha masyarakat dengan bantuan modal.

"Untuk sementara ini, pencairan dilakukan secara bertahap dimulai dengan anggaran yang ada yakni sebesar Rp385 juta kepada masyarakat pemanfaat untuk pengembangan berbagai usaha, diantaranya, dagang, bengkel, peternakan, perikanan dan lain sebagainya," urainya.

Khusus di UEK-SP Bumi Ayu Sejahtera, papar Bambang, pemanfaat bisa mendapatkan modal usaha minimal senilai Rp2 juta dan maksimal Rp14 juta dengan persyaratan agunan dan cicilan per bulan yang ditetapkan besarannya.

Wakil Wali Kota Agus Widayat, memaparkan, sejak digulirkannya program UEK-SP ini di tahun 2005 lalu dengan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Darah Dumai dan Provinsi Riau ini, angka kemiskinan di Kota Dumai setiap tahunnya terbukti mengalami penurunan.

"Program UEK-SP terbukti mampu membantu dan mengatasi permasalahan permodalan usaha kecil dan menengah masyarakat dalam mengembangkan usaha dan membuka kesempatan kerja bagi warga lainnya," kata dia.

Diharapkan dengan adanya dana UEK-SP ini, lanjut Agus, pengurus pendamping dan pihak kelurahan benar-benar selektif memilih penerima dengan menyesuaikan usaha dan pinjaman modalnya.

"Dengan antusias masyarakat yang ingin memanfaatkan dana bergulir ini, mudah-mudahan tepat sasaran dan mendukung perkembangan usaha masyarakat," ujarnya.

Berdasarkan data dari Dinas Koperasi, UKM/PM Kota Dumai menyebutkan UEK-SP di Kota Dumai sekarang sudah tersedia di 30 kelurahan dari total 33 kelurahan se-kota Dumai. Sebanyak 25 kelurahan dibentuk pada 2009 lalu dan 5 UEK-SP di tahun 2010 kemarin.

Dari total penyaluran Rp500 juta, terdapat alokasi anggaran sebesar 10 persen khusus untuk program bantuan bagi kelompok kemiskinan yang sedang menjalankan usaha dan membutuhkan tambahan modal.