Asap kian tebal, DPRD Riau minta sekolah diliburkan

id DPRD Riau,asap pekanbaru, karhutla riau

Asap kian tebal, DPRD Riau minta sekolah diliburkan

Wakil Ketua DPRD Riau Kordias Pasaribu (Antaranews)

Pekanbaru (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Riau Kordias Pasaribu meminta Dinas Pendidikan setempat segera meliburkan aktivitas belajar mengajar di sekolah, sebab asap semakin tebal sehingga dikhawatirkan akan berdampak bagi kesehatan para pelajar.

"Kita saja bisa melihat kalau kualitas udara sudah tidak sehat, apalagi sudah ada korban kemarin. Harusnya ada sikap Pemprov untuk segera meliburkan sekolah-sekolah. Libur bukan berarti proses belajar mengajar terhenti, hanya saja murid bisa diarahkan untuk belajar di rumah," ucap Kordias Pasaribu di Pekanbaru, Senin (26/8).

Politisi PDI Perjuangan Riau itu menyebutkan, kebijakan untuk meliburkan siswa harus dibuat dengan adanya koordinasi yang baik antara Disdik dan sekolah.

"Diliburkan juga harus melalui koordinasi yang matang, diperhitungkan berapa lama diliburkan, ketertinggalan proses belajar seperti apa. Sekolah boleh saja libur tapi proses belajar mengajar jangan sampai tertinggal jauh," ucap legislator asal Kota Pekanbaru itu.

Dia juga mengimbau kepada murid untuk mengurangi segala aktifitas yang berada di luar ruangan. Kepada Dinas Kesehatan dimintanya untuk memfasilitasi, tidak hanya masker tapi juga obat-obatan seperti vitamin.

Terkait Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) yang masih dalam kategori sedang, Kordias mengaku heran, sebab secara kasat mata asap cukup pekat menyelimuti Kota Pekanbaru dan sekitarnya.

"Saya curiga dengan papan ISPU ini, padahal sudah kabut tebal tapi tetap saja kriterianya sedang. ISPU ini apakah sedang diperbaiki atau rusak? Bagus tidak alatnya ini, coba dicek lah ke lapangan," ucapnya.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar