KPU : Prabowo - Sandiaga unggul sementara di 3 kabupaten di Riau

id Kpu,pleno KPU pemilu 2019 di Riau,KPU Riau,pilpres 2019,prabowo,prabowo sandiaga,jokowi,jokowi maruf amin,berita riau antara,berita riau terbaru

KPU : Prabowo - Sandiaga unggul sementara di 3 kabupaten di Riau

Komisioner KPU Riau dan Uspida usai pembukaan rapat pleno terbuka KPU Riau rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat provinsi yang digelar pada hari pertama 9 Mei 2019 (Antaranews/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau dalam plenonya menetapkan Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo -Sandiaga Uno, unggul sementara pada perolehan suara Pemilu 2019 di tiga kabupaten, yakni KuantanSingingi, Indragiri Hulu, dan Kota Dumaidengan perolehan suara 353.193.

Sedangkan Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo - Ma'ruf Amin memperoleh suara 228. 129.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau Muhammad Ilham Yasir menyatakan rapat pleno terbuka KPU Riau rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat provinsi yang digelar pada hari pertama, hanya mampu mengesahkan data tiga kabupaten/kota yakni Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Dumai dari rencana semula empat, sebabRokan Hilir diskorsing lanjut esok Jumat, karena pertimbangan berbuka puasa.

"Tiga hari agenda rapat pleno mulai 9-11 Mei, kami agendakan empat kabupaten selesai sehari, tetapi berdasarkan kesepakatan bersama akibat waktu berbuka puasa telah tiba ditunda. Walau pertama ini tadi mulainya agak molor waktu pembukaan," ujar Muhammad Ilham Yasir di Pekanbaru, Kamis.

Diakuinya walau suasana bulan puasa pelaksanaan lancar. KPU berharap pleno ini tuntas hingga malam, tentunya tidak menggangu waktu berbuka dan tarawih.

Ditanya optimisme KPU akan menuntaskan pleno buat 12 kabupaten/kota sesuai agenda tiga hari, Ilham yakin. Kalaupun nantinya tidak tercapai sambung pria berkaca mata itu pihaknya akan melakukan skorsing dan permintaan perpanjangan waktu ke KPU RI.

Hal ini dimungkinkan sebab sesuai PKPU no 10 waktu pleno itu diagendakan maksimal 22 Mei.

"Kalau tidak selesai juga sampai tanggal 11 Mei, kita terima dulu lalu dilanjutkan nanti," tegas dia.

Hal ini terjadi karena masih ada dua kabupaten/kota yang belum tuntas plenonya yakni Pekanbaru dan Bengkalis.

Untuk Pekanbaru diperkirakan selesai dan diserahkan ke KPU Riau esok, sedangkan Bengkalis, tampaknya masih belum seban dari 502 TPS yang ara hingga kini separuhnya dihitung.

"Bengkalis memang agak lama karena disana ada 502 TPS yang harus dihitung. Untuk yang miliki DPT terbesar memang akan ada pertimbangan waktu, kita lihat nantilah apa perlu ditunda, 11 kabupaten selesai kita skorsing dulu," imbuhnya.

Berdasarkan data yang berhasil dirangkum antara hasil sementara perolehan suara calon Presiden dan wakil Presiden pada masing-masing kabupaten yang disahkan KPU Riau pada pleno pertama sebagai berikut, Kuantan Singingi (Kuansing) calon 01 memperoleh 61.226 sementara calon 02 mendapat 126.434. Untuk Indragiri Hulu calon 01 mendapat suara 100.569 sedangkan nomor urut 02 meraih 134.386. Untuk Dumai calon nomor 01 meraih 66.334 suara dan 02 mendapat 92.373.